Cara Merawat dan Membersihkan Produk Tembaga

Membersihkan Perhiasan Tembaga, sumber : Simply Fresh Laundry

Tembaga adalah logam yang unik dari segi karakteristiknya. Logamnya cenderung mudah dibentuk dan memiliki warna jingga kemerahan. Produk tembaga telah banyak beredar dan digunakan sehari-hari seperti panci, hiasan dinding, kubah masjid bahkan perhiasan. Karena penggunaanya, agar lebih awet diperlukan informasi tentang cara merawat logam yang satu ini.

Logam (salah satunya tembaga) merupakan bahan baku yang unik. Karena bahan baku ini dapat terpengaruh dengan lingkungan. Tidak sebagai mana bahan baku produk seperti plastik yang cenderung tidak bereaksi dengan lingkungannya. Logam dapat bereaksi meskipun hanya sekedar terjadi perubahan suhu pada lingkungan. Namun jika dilakukan perawatan dengan baik, maka ketahanan produk logam akan meningkat.

Cara perawatan produk tembaga

Merawat berbagai barang yang kita manfaatkan sehari-hari adalah salah satu aktivitas yang penting. Dengan begitu, barang-barang yang kita miliki dapat terus dimanfaatkan karena perawatan dapat membuat barang-barang tersebut menjadi awet. Nah, jika Anda memiliki produk yang berbahan logam, bagaimana cara merawatnya?

Lemon dan Garam, sumber : WowKeren.com

Meskipun hanya sekedar kerajinan tembaga yang berbentuk hiasan dinding, namun semakin lama dipajang, hiasan dinding dari tembaga tersebut akan berkurang kemilaunya karena banyak noda. Lantas, berikut ini cara merawatnya.

1. Menggunakan Garam dan Cuka

Larutan garam dan cuka, dipercaya dapat membersihkan produk tembaga sehingga menjadi mengkilap kembali. Caranya adalah :

– Raciklah garam dengan cuka menjadi larutan. Masukkan garam pada suatu wadah seperti mangkuk atau yang sejenisnya. Setelah itu, campurkan garam pada wadah dengan memasukkan larutan cuka. Saat diaduk keduanya akan bereaksi sehingga tampak seperti pasta. Dalam hal ini, tidak ada patokan takaran tertentu.

– Ambil sebuah handuk dan oleskan pasta atau larutan garam dan cuka yang sudah diracik pada handuk tersebut. Selain handuk, Anda juga bisa menggunakan jenis kain lainnya selama tidak hancur ketika dioleskan pasta garam dan cuka.

– Gosok permukaan produk tembaga dengan kain yang sudah dioleskan pasta garam dan cuka. Jika masih kurang terlihat hasilnya, Anda bisa tambahkan lagi pasta garam dan cuka pada kain untuk digosokkan kembali pada permukaan produk tembaga.

– Bilas dengan air hingga permukaan yang dibersihkan terlihat kembali. Setelah dibilas kemudian keringkan. Produk Anda siap digunakan kembali.

2. Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Selain Garam dan Cuka, Anda juga bisa membersihkan produk tembaga Anda menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis. Caranya :

– Belah lemon dan jeruk nipis. Yang lebih sering digunakan adalah lemon, namun efeknya antara lemon dan jeruk nipis tetap sama.

– Celupkan bagian dalam lemon atau jeruk nipis pada garam. Atau Anda bisa taburkan garam pada bagian dalam lemon dan jeruk nipis.

– Gunakan bagian dalam lemon atau jeruk nipis yang telah dicelup garam untuk menggosok permukaan produk tembaga Anda hingga nodanya hilang.

– Bilas produk tembaga yang telah digosok menggunakan air panas. Kemudian keringkan. Produk Anda siap digunakan kembali.

Membersihkan Perhiasan Tembaga, sumber : Simply Fresh Laundry

3. Menggunakan Rebusan Garam dan Cuka

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa membersihkan noda pada produk tembaga Anda yang membandel dengan merebus produknya pada larutan garam dan cuka. Caranya :

– Panaskan garam dan cuka dalam panci yang berisi air. Rebus beberapa saat.

– Setelah rebusan mendidih, celupkan produk tembaga yang bernoda membandel ke dalam air rebusan dalam kondisi masih merebus larutan (api masih menyala). Tunggu beberapa saat.

– Setelah direbus dalam larutan, keluarkan produk tembaga. Biarkan hingga suhunya kembali menjadi suhu ruangan.

– Ambil kain atau handuk yang dapat digunakan untuk menggosok permukaan produk tembaga.

– Setelah digosok dan noda dapat dihilangkan, bilas produk tembaga menggunakan air. Setelah itu kemudia dikeringkan dan siap kembali digunakan.

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan noda atau membersihkan produk tembaga sehingga dapat kembali mengkilap sebagaimana keunikan warna tembaga. Cara di atas juga cenderung mudah untuk dipraktikkan, termasuk bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Simak terus berada informasi di blog Suka Informasi. Berikan saran, kritik dan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

Published by jasa bangun rumah

Jasa Bangun Rumah hadir untuk membantu Anda mendapatkan rumah yang nyaman, berkualitas tinggi, dan cepat dalam prosesnya. Anda dan keluarga Anda bisa fokus mengisi kebahagiaan di rumah sesegera mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: