Mengenal Jenis Tanaman Obat Herbal Yang Sering Kita Jumpai

Masyarakat di Nusantara dahulu percaya dengan obat herbal tetapi kebanyakan masyarakat Indonesia juga mempercayai obat berhal sebagai obat sekaligus pengobatan herbal. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya tukang jamu keliling dan berbagai produk obat serta tanaman herbal yang beredar di pasar seperti, kunyit, temulawak, ginseng, jahe, tumbuhan kelor, lidah buaya, propolis dan masih banyak lagi tanaman obat herbal yang bisa digunakan sebagai pengobatan penyakit dan pemeliharaan kesehatan.

Sejarah tanaman obat atau herbal di Indonesia berdasarkan fakta dan data-data sejarah adalah obat asli Indonesia. Catatan sejarah menunjukkan bahwa di wilayah nusantara dari abad ke 5 M sampai dengan abad ke 19 M. Tanaman obat herbal merupakan sarana paling utama bagi masyarakat tradisional kita untuk pengobatan penyakit dan pemeliharaan kesehatan tubuh.

Salah satunya pada masa kerajaan di wilayah Nusantara  seperti Sriwijaya, Majapahit dan Mataram yang telah mencapai beberapa puncak kejayaan dan menyaksikan banyak sekali peninggalan-peninggalan obat herbal yang dikagumi dunia, adalah produk masyarakat tradisional yang ,mengandalkan pemeliharaan kesehatannya dari tanaman obat berhal tersebut.Ada banyak sekali jenis tanaman yang digunakan secara tunggal maupun rumahan terbukti sebagai bahan pemelihara kesehatan tubuh.

Pengetahuan tanaman obat herbal yang ada wilayah Nusantara bersumber dari peristiwa pengetahuan secara turun-temurun, dan terus-menerus diperkaya dan dipercaya dengan pengetahuan dari luar Nusantara, khususnya dari China dan India. Tetapi dengan masuknya pengobatan modern di Indonesia dengan didirikannya sekolah dokter Jawa di Jakarta pada tahun 1904, maka secara bertahap dan sistematis penggunaan tanaman obat kimia modern, penggunaan tanaman obat berhal dianggap kuno dan dianggap berbahaya dan terbelakang.

Gambar mengenal obat herbal sumber wiselivingmagazine.co.uk

Pengertian Herbal

Herbal adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan sebagai obat dalam penyembuhan maupun pencegahan penyakit. Pengertian berkhasiat obat adalah mengandung zat aktif yang berfungsi mengobati penyakit tertentu atau jika tidak mengandung zat aktif tertentu tetapi mengandung efek resultan atau sinergi dari berbagai zat yang berfungsi mengobati.

Dengan adanya tanaman obat herbal di Indonesia tersebut diyakini mampu menghilangkan sejumlah penyakit tanpa meninggalkan efek samping. Berikut ini tanaman obat herbal rempah yang wajib anda ketahui sebagai berikut:

1. Kapulaga (Cardamom)

Gambar herbal dan rempah kapulaga sumber lifestyle.okezone.com

BIji kapulaga atau disebut sebagai green cardamom (kapulaga hijau) tersebut adalah satu jenis tanaman obat herbal dan rempah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kapulaga hijau tersebut sangat baik bagi saluran pencernaan. Di dalam kapulaga hijau ini terdapat kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu untuk melancarkan proses buang air besar anda. 

2. Lengkuas

Lengkuas atau yang sering disebut dengan nama laos tersebut, mengandung magnesium galangin, beta sitosterol dan flavonoid yang baik bagi kesehatan dan tubuh. Selain digunakan sebagai rempah tanaman laos ini bisa juga digunakan sebagai obat herbal. Tanaman obat herbal dan rempah yang alami laos tersebut juga mengandung vitamin A, Vitamin C, zat besi, serat dan karbohidrat.

Tanaman obat herbal dan tempat tersebut banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan adalah sebagai antioksidan dan mengurangi nyeri dan peradangan di tenggorokan, serta mampu melawan infeksi, hingga meningkatkan kesuburan pria dan berpotensi sebagai anti kanker.

Gambar lengkuas sumber republik.co.id

3. Jintan Hitam (Habbatussauda) 

Jintan Hitam tersebut termasuk obat herbal dan rempah tersebut digunakan oleh para nabi di zamannya terutama Nabi Muhammad SAW untuk pengobatan zaman dulu. Jintan hitam sendiri dikenal sebagai obat alami dan herbal tersebut dijual dipasaran dalam bentuk kapsul. Kapsul tersebut berisi jintan hitam dan juga minyak. Manfaat dari tanaman obat herbal dan rempah jintan hitam seperti Meningkatkan imun, obat alergi, Pereda nyeri, anti bakteri, hipertensi, asma, kanker usus dan juga anomali pada saluran pencernaan dan masih banyak lagi manfaat bagi pengobatan dan pemeliharaan kesehatan tubuh manusia.

Gambar tanaman jintan hitam sumber plasticstore.blogspot.com

4. Daun Kelor

Daun kelor selain tanaman obat keluarga daun kelor tersebut merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak manfaatnya dan sering dipakai sebagai bentuk pengobatan kanker dan mencegah agar anda tidak mudah untuk terserang penyakit. Daun kelor tersebut meskipun cukup sulit untuk ditemui namun manfaatnya tidak bisa diragukan dan dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya.

Gambar daun kelor sumber jovee.id

5. Bunga Tapak Dara

Selain digunakan sebagai tanaman hias bunga tapak dara tersebut bisa digunakan sebagai tanaman obat herbal. Bunga Tapak Dara ini mempunyai beragam manfaatnya yang baik bagi tubuh kita. BUnga ini bermanfaat sebagai penghilang stress dan bisa membantu tubuh kita dalam berelaksasi. Selain itu bila dicampur dan diseduh bersama teh dan madu maka bis mengatasi demam tinggi yang berkepanjangan.

Gambar tanaman bunga tapak dara sumber benihbungabibit.blogspot.com

6. Bunga Kumis Kucing

Bunga Tunis Kucing ini memiliki bentuk memanjang layaknya dari hewan kucin. Tanaman herbal tunis kucing ini banyak tumbuh di Indonesia termasuk di pekarangan rumah kita. Kumis Kucing yag tumbuh di Indonesia ini memiliki manfaat dan memiliki kandungan zat aktif seperti rosmarinic, orthosiphon, flavonoid, dan sinensetin. Kandungan dari kumis kucing ini hanya dimiliki tumbuhan ini didaerah tropis dan subtropis. Nah itu dia mengapa tanaman obat herbal ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan seperti, menyembuhkan asam urat, diabetes organ ginjal, hipertensi dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman herbal kumis kucing ini.

Gambar tumbuhan kumis kucing sumber kabartani.com

7. Kencur

Tanaman obat herbal kencur ini adalah rempah alami yang memiliki nama latin Kaempferia galanga atau kencur. Tanaman herbal dan rempah ini masih satu keluarga dengan kunyit dan jahe sehingga banyak sebagai tanaman obat herbal dan rempah yang populer di Indonesia. Kencur juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai stamina tubuh, penambahan nafsu makan, memperlancarkan haid wanita, serta mengatasi gangguan kesehatan seperti ,radang lambung, diare, sakit kepala, flu dan batuk.

Gambar tanaman herbal dan rempahkencur sumber.com

8. Jahe

Tanaman herbal dan rempah Jahe sudah dikenal sejak lama dan banyak sekali manfaatnya sehingga digunakan sebagai obat herbal karena tanaman tanaman ini adalah salah satu antioksidan dan alami bagi tubuh. Tanaman jahe ini sangat baik untuk mengatasi masalah dan penyakit pada pencernaan. Selain itu jika kita mengkonsumsi secara rutin maka bisa mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

Gambar herbal/rempah jhe.com

9. Lidah Buaya

Tanaman herbal lidah buaya selain untuk menjaga kesehatan rambut, kecantikan dan menghilangkan jerawat, tanaman ini juga bisa digunakan untuk berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, radang tenggorokan dan sembelit. Jika anda mengkonsumsi lidah buaya secara langsung perhatikan apabila muncul tanda-tanda alergi. Perumpamaan yang sedang hamil, ibu menyusui, dan anak dibawah umur 12 tahun dilarang mengkonsumsi lidah buaya atau aloe vera secara langsung.

Gambar tanaman lidah buaya sumber doktersehat.com

10. Kemuning

Tanaman kemuning tersebut yang sering dijadikan bunga hias di rumah. Tanaman ini juga sering di jadikan obat herbal makan tumbuhan ini belum banyak yang tahu bahwa kemuning ini memiliki kandungan 60 senyawa minyak atsiri. Tidak hanya itu di dalam tumbuhan ini terkandung tanin, saponin, kemurain, flavonoid, glikosida jantung dan alkaloid indol.

Gambar tumbuhan kemuning sumber bobo.grid.id

Itulah beberapa informasi jenis tanaman obat herbal yang ampuh dan bisa menghilangkan penyakit. Dengan mengkonsumsi herbal british propolis secara rutin dan mengkonsumsi tanaman obat herbal maka tubuh anda jauh lebih sehat dan bugar kembali. Semoga artikel di atas bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s