Meraup Untung Melalui Bisnis Persewaan Pakaian Adat

Bisnis pakaian memang tiada matinya. Bahkan ketika bisnis yang lain mengalami penurunan, bisnis pakaian masih tetap eksis. Hal ini dikarenakan pakaian adalah kebutuhan dasar manusia. Salah satu bisnis pakaian yang sering kita temukan adalah bisnis persewaan pakaian adat.

Pakaian jawa. Sumber Flickr

Tidak seperti bisnis pakaian lainnya seperti konveksi seragam, distro ataupun butik yang rata-rata bergerak dalam bidang produksi dan penjualan, bisnis persewaan pakaian adat hanya memerlukan modal berupa pakaian adat dengan koleksi yang lengkap. Mengapa bisnis persewaan pakaian adat semakin diminati? Berikut ini kan diulas mengenai serba-serb bisnis persewaan pakaian adat.

Pangsa Pasar Jelas

Yang menjadi keunggulan dari bisnis ini adalah pangsa pasar yang sudah jelas. Selain dibutuhkan pada acara resmi seperti pernikahan atau upacara pada perayaan hari nasional, pakaian adat juga sering disewa pada meomen khusus seperti perlombaan. Karena itu dengan menyewakan pakaian adat, meskipun kebutuhan akan pakaian adat tidak setiap hari namun selalu dibutuhkan.

Terutama pada kalangan anak sekolah baik yang masih TK atau tingkat SMA. Biasanya pada perayaan Hari Kartini atau perayaan tertentu akan banyak yang menyewa pakaian adat. Anda bisa melakukan survey disektar anda, apakah banyak jasa persewaan pakaian adat. Jika belum banyak anda bisa memulai bisnis ini segera. Jika sudah ada saingannya maka anda perlu melakukan improvisasi untuk bisnis anda.

Anda bisa membandrol harga dengan lebih murah, atau memberikan harga khusus untuk yang menyewa dalam jumlah banyak. Semua peluang dalam bisnis bisa dilakukan.

Semakin Banyak Koleksinya Semakin Bagus

Rata-rata pada bisnis persewaan pakaian adat, para pelaku bisnis ini hanya menyediakan pakaian khas daerah masing-masing seperti adat Jogja atau Solo. Anda bisa melakukan hal yang berbeda. Anda bisa menyediakan pakaian adat yang memiliki kemiripan dengan pakaian adat setempat.

Seperti pakaian adat betawi, minangkabau dan sebagainya. Selain itu anda bisa memperbanyak koleksi yang sama, rtinya menyediakan setelan seragam pakaian adat. Biasanya pakaian ini bigunakan pada acara pernikahan atau acara adat lainnya.

Semakin banyak anda memiliki stok, maka pada waktu tertentu anda akan meraup keuntungan yang banyak. Seperti ketika pada acara peringatan hari kartini, tidak jarang salon atau persewaan pakaian adat kehabisan stok karena banyak orang menyewa di waktu yang bersamaan.

Tidak Mengenal Ketertinggalan

Bisnis ini tentu sangat berbeda dengan bisnis pakaian lainnya. Bisnis oakaian biasanya akan mengejar ketertinggalan mode. Maka jika anda memiliki pakaian dengan model kuno untuk disewakan selain pakaian adat, mungkin orang tidak akan meliri pakaian yang anda sewakan.

Namun untuk menyewakan pakaian adat, anda tidak perlu mengejar ketertinggalan mode. Pakaian adat dari duu sampai sekarang modelnya tetap sama. Sehingga pakaian adat tidak perlu dicarikan model terbaru. Selama pakaian masih layak untuk disewakan maka pakaian bisa disewakan.

Dapat Mengembangkan Bisnis Lain

Selain layanan persewaan pakaian adat, anda bisa mengembangkan bisnis lainnya yang memiliki keterkaitan dengan bisnis persewaan pakaian adat. Bisnis lainnya yang bisa anda jalankan adalah bisnis tata rias pengantin dan juga bisnis yang berhubungan dengan pernikahan.

Sebagian besar perusahaan event organiser pada mulanya memulai usahanya dari salah satu cabang bisnis rintisan seperti tata rias pengantin. Dari bisnis tersebut bisa berkembang menjadi jasa katering, sewa sound system dan berkembang lebih besar dengan membuat event organizer yang mengampu semuanya.

Pakaian adat banjar masa lalu sama dengan saat ini

Itulah ulasan mengenai bisnis persewaan pakaian adat. Keberadaan bisnis ini tidak lepas dari kebijakan dari sebagian pemerintah daerah di Indonesia yang mewajibkan penggunakan pakaian daerah pada hari tertentu. Selain itu antusiasme masyarakat dalam mempenringati hari besar nasional dan juga daerah menjadi peluang bagi wiraswastawan yang bergerak dalam jasa persewaan pakaian adat.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita, dan jangan lupa membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Silahkan baca artikel kami lainnya tentang daerah penghasil produk kulit di Indonesia. Terima kasih.

Cara Merawat dan Membersihkan Produk Tembaga

Tembaga adalah logam yang unik dari segi karakteristiknya. Logamnya cenderung mudah dibentuk dan memiliki warna jingga kemerahan. Produk tembaga telah banyak beredar dan digunakan sehari-hari seperti panci, hiasan dinding, kubah masjid bahkan perhiasan. Karena penggunaanya, agar lebih awet diperlukan informasi tentang cara merawat logam yang satu ini.

Logam (salah satunya tembaga) merupakan bahan baku yang unik. Karena bahan baku ini dapat terpengaruh dengan lingkungan. Tidak sebagai mana bahan baku produk seperti plastik yang cenderung tidak bereaksi dengan lingkungannya. Logam dapat bereaksi meskipun hanya sekedar terjadi perubahan suhu pada lingkungan. Namun jika dilakukan perawatan dengan baik, maka ketahanan produk logam akan meningkat.

Cara perawatan produk tembaga

Merawat berbagai barang yang kita manfaatkan sehari-hari adalah salah satu aktivitas yang penting. Dengan begitu, barang-barang yang kita miliki dapat terus dimanfaatkan karena perawatan dapat membuat barang-barang tersebut menjadi awet. Nah, jika Anda memiliki produk yang berbahan logam, bagaimana cara merawatnya?

Lemon dan Garam, sumber : WowKeren.com

Meskipun hanya sekedar kerajinan tembaga yang berbentuk hiasan dinding, namun semakin lama dipajang, hiasan dinding dari tembaga tersebut akan berkurang kemilaunya karena banyak noda. Lantas, berikut ini cara merawatnya.

1. Menggunakan Garam dan Cuka

Larutan garam dan cuka, dipercaya dapat membersihkan produk tembaga sehingga menjadi mengkilap kembali. Caranya adalah :

– Raciklah garam dengan cuka menjadi larutan. Masukkan garam pada suatu wadah seperti mangkuk atau yang sejenisnya. Setelah itu, campurkan garam pada wadah dengan memasukkan larutan cuka. Saat diaduk keduanya akan bereaksi sehingga tampak seperti pasta. Dalam hal ini, tidak ada patokan takaran tertentu.

– Ambil sebuah handuk dan oleskan pasta atau larutan garam dan cuka yang sudah diracik pada handuk tersebut. Selain handuk, Anda juga bisa menggunakan jenis kain lainnya selama tidak hancur ketika dioleskan pasta garam dan cuka.

– Gosok permukaan produk tembaga dengan kain yang sudah dioleskan pasta garam dan cuka. Jika masih kurang terlihat hasilnya, Anda bisa tambahkan lagi pasta garam dan cuka pada kain untuk digosokkan kembali pada permukaan produk tembaga.

– Bilas dengan air hingga permukaan yang dibersihkan terlihat kembali. Setelah dibilas kemudian keringkan. Produk Anda siap digunakan kembali.

2. Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Selain Garam dan Cuka, Anda juga bisa membersihkan produk tembaga Anda menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis. Caranya :

– Belah lemon dan jeruk nipis. Yang lebih sering digunakan adalah lemon, namun efeknya antara lemon dan jeruk nipis tetap sama.

– Celupkan bagian dalam lemon atau jeruk nipis pada garam. Atau Anda bisa taburkan garam pada bagian dalam lemon dan jeruk nipis.

– Gunakan bagian dalam lemon atau jeruk nipis yang telah dicelup garam untuk menggosok permukaan produk tembaga Anda hingga nodanya hilang.

– Bilas produk tembaga yang telah digosok menggunakan air panas. Kemudian keringkan. Produk Anda siap digunakan kembali.

Membersihkan Perhiasan Tembaga, sumber : Simply Fresh Laundry

3. Menggunakan Rebusan Garam dan Cuka

Selain kedua cara diatas, Anda juga bisa membersihkan noda pada produk tembaga Anda yang membandel dengan merebus produknya pada larutan garam dan cuka. Caranya :

– Panaskan garam dan cuka dalam panci yang berisi air. Rebus beberapa saat.

– Setelah rebusan mendidih, celupkan produk tembaga yang bernoda membandel ke dalam air rebusan dalam kondisi masih merebus larutan (api masih menyala). Tunggu beberapa saat.

– Setelah direbus dalam larutan, keluarkan produk tembaga. Biarkan hingga suhunya kembali menjadi suhu ruangan.

– Ambil kain atau handuk yang dapat digunakan untuk menggosok permukaan produk tembaga.

– Setelah digosok dan noda dapat dihilangkan, bilas produk tembaga menggunakan air. Setelah itu kemudia dikeringkan dan siap kembali digunakan.

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan noda atau membersihkan produk tembaga sehingga dapat kembali mengkilap sebagaimana keunikan warna tembaga. Cara di atas juga cenderung mudah untuk dipraktikkan, termasuk bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Simak terus berada informasi di blog Suka Informasi. Berikan saran, kritik dan pertanyaan melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

4 Daerah Penghasil Produk Kulit di Indonesia

Kerajinan kulit merupakan salah satu produksi yang terkenal di Indonesia. Produk-produk seperti dompet, tas, sepatu dan lainnya yang terbuat dari kulit dengan tampilan yang berkualitas berasal dari berbagai daerah. Daerah yang mana di Indonesia yang menghasilkan produk kulit ini?

Proses membuat kulit menjadi bahan baku produk

Kulit yang baru diambil setelah sapi atau kambing disembelih dan dagingnya dimasak ternyata tidak dapat langsung dijadikan bahan pembuatan produk-produk kulit. Karena kulit-kulit ini masih “basah” atau rentan terhadap berbagai proses yang terjadi dilingkungan. Bahasa mudahnya, kulit yang masih “basah” ini akan rentan rusak dan membusuk karena masih merupakan bangkai atau sisa dari hewan.

Aleta Leather, sumber : wattpad
Aleta Leather Produsen Produk Kulit Jogja, sumber : wattpad

Agar menjadi bahan mentah yang tidak lagi bereaksi secara kimia maupun biologi dengan lingkungan, serta kuat, tahan lama dan dapat diolah menjadi berbagai produk, maka diperlukan proses yang disebut tanning dalam bahasa Inggris. Di Indonesia proses tanning ini disebut dengan proses penyamakan.

Ada beberapa metode tanning yang biasa digunakan untuk menyamak kulit. Penggolongan ini berdasarkan bahan penyamak yang digunakan. Beberapa jenis tanning dalam industri kulit penyamakan dengan mineral/logam (Mineral tanning, chrome tanning), penyamakan nabati (Vegetable Tanning), penyamakan sintetis (Synthetic Tanning), penyamakan minyak (Oil Tanning), penyamakan kombinasi (Combination Tanning).

Daerah penghasil produk kulit di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa daerah yang terkenal sebagai produsen berbagai produk kulit. Meskipun sama-sama produk kulit, namun daerah ini memiliki spesialisasinya masing-masing. Berikut beberapa daerah penghasil produk kulit di Indonesia.

1. Yogyakarta

Biasanya Yogyakarta terkenal dengan berbagai produk batiknya. Namun bukan hanya itu, Yogyakarta juga terkenal akan produk-produk berbahan dasar kulit. Salah satu tempat untuk melihat berbagai produk kulit di Yogyakarta adalah Desa Manding. Desa yang terletak di Kabupaten Bantul ini sudah memproduksi berbagai produknya sejak tahun 1940an.

Di sini bisa ditemukan beragam kerajinan kulit seperti dompet, tas, sepatu hingga jaket. Kerajinan kulit Mading sempat menjadi lebih populer pada 1970an hingga 1980an. Kini terdapat sekitar 42 rumah produksi dan 48 showroom penjualan kerajinan kulit di Mading. Salah satu produsen yang dikenal di Jogja adalah Aleta Leather yang juga memproduksi paket seminar kit.

2. Garut

Industri kulit yang terdapat di Garut berada di Sukaregang. Usaha ini sudah dimulai sekitar tahun 70-an. Berkat Desa ini, Garut bisa dibilang adalah daerah penghasil produk kulit yang paling terkenal di Indonesia. Banyak produk jaket, sepatu, hingga tas kulit yang dihasilkan dari Garut.

Dengan kualitas yang bagus dan harga yang bersaing, produk kulit dari Sukaregang menjadi favorit masyarakat. Mayoritas pengrajin kulit di daerah ini menggunakan kulit asli, seperti kulit domba, sapi, dan kerbau, yang pemakaiannya disesuaikan untuk produk yang akan dibuat.

Produk Aleta Leather, sumber ig aleta_leather

3. Magetan

Industri kulit di Magetan mungkin merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Munculnya kerajinan kulit di daerah ini konon berlangsung sejak 1830, tepatnya saat Perang Diponegoro berakhir. Industri kulit Magetan mencapai kejayaannya pada tahun 1950-1960an.

Kini, terdapat sekitar 115 unit Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menghasilkan produk kulit di Jalan Sawo, Magetan. Industri kulit di Magetan mayoritas berlokasi di Lingkungan Industri Kulit (LIK) di Magetan Kota dan Ngariboyo. Di daerah ini dapat ditemukan berbagai produk kulit seperti sepatu, tas, jaket dan lain-lain.

4. Sidoarjo

Di Sidoarjo, yang terkenal menghasilkan berbagai produk kulit adalah Tanggulangin. Sekitar 100 pengrajin lokal di Tanggulangin mampu membuat ratusan hinga ribuan produk kulit dalam jangka waktu satu bulan. Produk kulit Tanggulangin nggak hanya diminati oleh masyarakat lokal, tapi juga oleh konsumen di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Produk yang ditawarkan di Tanggulangin juga beragam, mulai dari sandal, dompet, hingga koper berbahan kulit. Konsumen bisa mendapatkan produk-produk kulit dengan kualitas dan keawetan yang baik di Tanggulangin mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta.

Itu dia empat daerah terkenal yang menghasilkan produk kulit di Indonesia. Semoga menjadi wawasan menarik untuk Anda. Simak berbagai informasi lainnya di halaman Suka Informasi.

Marketing Digital Untuk Jasa Rental Bus Jogja

Rental bus wisata menjadi salah satu fasilitas yang dicari bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi obyek-obyek wisata di Jogja. Kunjungan wisata edukasi, wisata sejarah dan wisata alam yang biasanya menjadi kegiatan para murid sekolah seringkali memanfaatkan bus pariwisata.

Bus pariwisata juga menjadi moda untuk kunjung kerja ke daerah, ziarah, rekreasi yang melibatkan banyak anggota. Dengan terus mengalami peningkatan kualitas layanan dan kendaraan bus, rental bus pariwisata menjadi salah satu alternatif yang paling nyaman.

Namun dari sudut pandang usaha rental bus wisata, para pengusaha rental bus memiliki persaingan bisnis yang ketat. Karena semakin banyak P.O. bus yang bukan hanya sekedar menyediakan layanan antar kota dan provinsi, tetapi juga layanan antar jemput kunjungan wisata. Karena itu, para pebisnis mencoba berbagai cara seperti teknik marketing untuk terus meningkatkan permintaan.

Teknik Pemasaran

Jual beli telah mengalami pengembangan-pengembangan. Dunia digital menjadi salah satu sarana yang dapat mengakomodir aktivitas jual beli dan menjadikan jual beli lebih mudah karena tidak terbatas jarak dan waktu. Meskipun digital hanyalah sarana yang lebih banyak mempermudah promosinya saja.

Nah, bagaimana dengan bisnis sewa bus wisata? Bisnis ini membutuhkan aktivitas pemasaran. Tanpa dipasarkan, layanan bus pariwisata menjadi jarang terdengar dan tergantikan dengan moda lainnya. Yang mana teknik pemasaran yang akan dipilih?

1. Pemasaran Konvensional

Pemasaran konvensional adalah cara yang tidak membutuhkan modal besar. Tetapi mungkin membutuhkan tenaga yang besar. Cara konvensional untuk memasarkan jasa rental bus adalah dengan mengundang pembeli melalui pembicaraan atau media cetak.

Cara penawaran atau pemasaran dengan pembicaraan dan media cetak inilah disebut cara konvensional. Penyedia layana bus pariwisata menemui konsumen secara langsung, memberikan brosur dan menjelaskan tentang paket layanan bus yang tersedia. Namun saat ini, tidak banyak konsumen yang mau datang langsung ke loket atau kantor P.O. bus karena terdapat cara yang lebih simpel. Yaitu melalui media online.

2. Pemasaran Online

Pemasaran online melalui media digital mulai merambah ke berbagai jenis usaha termasuk layanan rental bus. Layanan rental bus dipromosikan melalui website, media sosial, iklan elektronik dan lainnya. Teknik pemasaran ini bisa dilakukan dengan biaya seminimal mungkin atau bisa juga dengan biaya yang besar.

Kelebihannya adalah pada jangkauan konsumen. Mereka bisa melihat promosi dengan mudah dimanapun dan kapanpun melalui perangkat yang mereka miliki untuk mengakses dunia maya. Selain itu, layanan digital marketing ini juga bisa sampai mengakomodir urusan transaksi sehingga konsumen hanya tinggal memesan, membayar dan menikmati layanan saja.

Tips Pemasaran Rental Bus

Armada Bus Pariwisata, sumber : Wisatabromo.Net

Secara keseluruhan, bisnis tidak bisa dilepaskan dari cara-cara konvensional. Sebab pemasaran online tetap membutuhkan interaksi nyata pada akhirnya. Maka, pemasaran yang paling baik adalah penggabungan antara cara konvensional dan online. Berikut tipsnya.

1. Membuat Media Pemasaran Online

Media promosi adalah salah satu yang paling penting untuk aktivitas marketing. Media promosi dapat memberikan gambaran tentang apa yang akan didapatkan para pelanggan saat memesan layanan rental bus pariwisata. Dari sini, ketertarikan pelanggan untuk mencoba layanan bus dapat muncul.

Dibandingkan media cetak biasa, media pemasaran online tentu saja lebih banyak memberikan gambaran. Karena media online bisa menampilkan promosi dalam bentuk gambar, audio dan video sekaligus. Sehingga para pelanggan akan bisa mensimulasikan layanan yang akan mereka terima.

Maka, buatlah website bisnis yang dapat memberikan informasi secara komprehensif tentang layanan-layanan rental bus yang akan diberikan kepada pelanggan.

2. Memberikan Layanan Konsultasi via Media Online

Saat melihat media promosi secara online, tentu saja ada banyak konteks yang perlu dijelaskan dan ditanyakan lebih lanjut. Tetapi, apabila calon pelanggan harus bertatap muka di loket bus hanya untuk konsultasi rasanya tidak lebih praktis dibandingkan dengan layanan konsultasi via media komunikasi online seperti WA, Chat dan lainnya. Karenanya, layanan konsultasi via media online akan sangat membantu calon pelanggan.

3. Menjalin Kerjasama Dengan Jasa Pembuatan Website

Sesudah memiliki media online seperti website, media sosial dan lainnya, apakah promosi layanan rental bus akan langsung ditemukan oleh pelanggan? Ternyata tidak semudah itu. Para penyedia bus wisata harus melakukan update informasi dan melakukan optimasi agar website atau media promosi dapat mudah ditemukan calon konsumen.

Karenanya, jogjarafira.com bekerjasama dengan jasa seo Jogja untuk menempatkan websitenya pada halaman pertama kata kunci pencarian sewa bus Jogja. Sehingga, saat calon konsumen ingin mencari layanan sewa bus wisata di Jogja, mereka akan menemukan website Jogja Rafira dan melihat berbagai layanan bus wisatanya.

4. Menjalin Komunikasi Dengan Pelanggan

Kebutuhan netizen dengan website bukan hanya sekedar untuk menemukan barang dan jasa komersil. Netizen atau pengguna media sosial juga terkadang membutuhkan informasi untuk kegiatan wisata yang mereka rencanakan. Dengan membantu calon konsumen melalui media online yang dimiliki untuk menemukan tempat wisata pilihan di Jogja misalnya, dapat membuat koneksi antara jasa bus dengan pelanggan secara berkelanjutan. Hal ini tentu saja bagus untuk kelanjutan bisnis.

5. Memberikan Bonus dan Keuntungan Lainnya

Karena banyaknya persaingan termasuk dalam hal pemasaran secara online, maka memberikan bonus terhadap layanan yang diberikan akan membuat calon pelanggan lebih tertarik. Maka, perlu diberikan layanan spesial atau bonus yang berbeda dengan seluruh pesaing jasa rental bus wisata.

Itu dia beberapa tips pemasaran rental bus. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi bisnis Anda. Simak terus berbagai informasi menarik di blog suka informasi.

Pilihan Rumah Berbiaya Terjangkau Desain Minimalis

Memiliki rumah adalah hal yang didambakan semua orang. Sebab rumah merupakan kebutuhan primer yang tidak menjadi kompromi keberadaannya. Namun sebagaimana diketahui, biaya membangun rumah tidaklah sedikit. Sebagian orang perlu berusaha keras untuk sampai memenuhi impian memiliki rumah.

Tetapi jangan khawatir. Di luar sana banyak pebisnis atau pengusaha yang memiliki orientasi yang bagus dalam bisnis properti. Salah satunya adalah rumah subsidi Serang. Keberadaan jasa ini telah mengakomodir sebagian konsumen untuk bisa memiliki rumah dengan biaya yang ringan dan menjamah konsumen dari kalangan berpenghasilan rata-rata penduduk.

Jika jalan untuk memiliki rumah sudah terbuka, lantas bagaimana pilihan rumah yang perlu Anda pastikan? Tentu saja jangan sampai berakhir pada rumah yang ternyata bangunannya tidak sesuai kebutuhan tempat tinggal Anda. Meskipun berbiaya terjangkau, namun ada pilihan rumah minimalis yang bisa sesuai dengan harapan Anda.

Faktor yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mengetahui pilihan rumah minimalis yang sesuai, ketahui terlebih dahulu apa yang perlu diperhatikan untuk menentukan pilihan rumah yang sesuai. Karena itu, berikut informasi tentang apa yang perlu diperhatikan dari rancangan bangunan rumah.

1. Tampak Depan

Hal yang tak kalah penting adalah desain tampak depan serta cat rumah. Biasanya pemilihan cat yang cenderung terang atau hitam putih akan memberikan kesan lebih luas. Lalu, agar rumah tampak lebih nyaman dapat ditambah unsur alam. Caranya dengan menghadirkan tanaman hijau di rumah.

Rumah Minimalis 2 Lantai, sumber : InteriorDesign.id
Rumah Minimalis 2 Lantai, sumber : InteriorDesign.id

2. Interior

Setelah memperhatikan desain tampak depan dan cat rumah, selanjutnya adalah interior rumah juga penting. Hal ini karena sebagian aktivitas yang dilakukan akan berada di dalam rumah. Jadi, bagian interior memerlukan perhatian lebih banyak.

Menurut teori, penghuni dapat menghabiskan waktunya 95 persen di dalam rumah. Oleh karena itu, siapkanlah bagian dalam rumah yang nyaman. Udara dapat mengalir setiap waktu dengan lancar dan suasana penataan ruang yang indah dipandang.

Rancangan Rumah Minimalis

Setelah mengetahui bagaimana melihat rumah agar sesuai dengan harapan, baru kita bisa mengetahui, rancangan seperti apa yang akan kita ajukan bagi jasa bangun rumah. Lantas, apa saja pilihan rumah minimalis yang ada?

1. Tipe Minimalis Satu Lantai

Rumah minimalis yang dirancang dengan satu lantai memang jarang ditemukan ketika di kota besar, seperti Jakarta. Akan tetapi masih cukup banyak peminatnya. Rumah ini akan sangat cocok bagi para pengantin baru, ataupun lansia. Desain rumah minimalis satu lantai ini sebenarnya mudah dirancang. Karena penggunaan elemennya yang tidak terlalu banyak. Apabila mempunyai tanah dengan luas tanah yang besar, area yang dibangun akan dapat dimaksimalkan.

Desain Rumah Terjangkau, sumber : Jasa Kanopi
Desain Rumah Terjangkau, sumber : Jasa Kanopi

Kemudian, untuk rumah minimalis yang dimiliki tadi tampak tinggi maka bisa dengan menambah garis – garis vertikal pada fasad. Garis tadi akan menimbulkan efek jenjang pada bangunan. Ditambah lagi dengan partisi kayu yang diletakkan miring, nantinya akan menambah kenyamanan serta privasi dari penghuni rumah. Namun, masih dapat pencahayaan yang baik.

2. Tipe Minimalis Dua Lantai

Rumah minimalis dengan dua lantai akan banyak ditemukan di perumahan cluster. Tipe rumah ini cocok sekali untuk keluarga kecil. Penggunaan dak beton menjadi ciri khas dari tipe ini. Biasanya akan mengikuti bentuk dasar, tanpa ornamen dan material yang digunakan terdiri dari maksimal 2 kombinasi. Secara teori cat yang digunakan berwarna monokrom. Apabila dirasa sangat polos maka Anda dapat menambahkan material kayu maupun dinding dengan batu alam yang mempunyai motif sederhana.

Jika mempunyai rumah dengan dua lantai biasanya akan terhambat dengan besaran biaya yang akan dikeluarkan. Namun, jangan khawatir karena rumah tersebut dapat dibangun secara bertahap. Jangan lupa juga untuk mengkonsultasikan desain rumah kepada desainer ataupun arsitek dalam perancangan rumah Anda. Meskipun baru dapat membangun satu lantai, layout dan letak tangga pastikan dapat dikembangkan untuk menambah jumlah lantai.

3. Tipe Minimalis Modern

Rumah modern masuk juga ke pembahasan rumah minimalis kali ini. Walaupun terdapat beberapa perbedaan. Misalnya saja untuk bentuk atap rumah modern berbentuk segitiga dan untuk bentuk atap rumah minimalis bentuknya rata (atap dak beton). Rumah modern juga memiliki pengaturan cahaya yang lebih baik. Tips untuk membangun rumah modern ini bisa dengan menghadirkan jendela. Atau bisa juga bukaan yang menjadikan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mewujudkan impian memiliki rumah minimalis yang sesuai harapan. Simak berbagai ulasan menarik lainnya di halaman blog kami terkait desain rumah Joglo. Jika terdapat pertanyaan, saran dan tanggapan, silahkan berikan di kolom komentar.

Pengobatan Tidak Masuk Akal Yang Membudaya di indonesia

Budaya dan juga kepercayaan masyarakat indonesia pada suatu hal dapat menciptakan sesuatu yang memiliki kaitan dengan budaya atau kepercayaan yang berlaku. Salah satunya adalah dalam hal pengobatan. Pengobatan tradisional tidak hanya semacam tradisi unik yang dipertahankan turun temurun. Namun ada muatan kepercayan yang terkadang bertolak belakang dengan kebiasaan umum. Inilah pengobatan tidak masuk akal di Indonesia.

Selain herbal, cara tradisional juga melahirkan pengobatan unik. Sumber Unsplash

Gondongan diobati dengan kalung mengkudu

Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya, terutama di bagian atas leher dan di bawah pipi, akan terlihat membesar.

Sampai saat ini belum ada obat yang diklaim secara pasti bisa mengobati penyakit gondongan ini. Namun, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya hanya dengan istirahat yang cukup, sebab proses penyembuhan pada penyakit gondongan ini adalah melalui sistem imun yag ada pada tubuh.

Banyak orang tua zaman dulu, punya metode ampuh untuk menyembuhkan penyakit gondongan ini. Selain dengan menggunakan blau, orang tua zaman dulu sering memakaikan kalung mengkudu kepada anak-anak mereka yang terkena gondongan. Padahal mengkudu tidak punya efek sama sekali terhadap penyakit gondongan.

Disinylir menggunakan kalung mengkudu untuk tujuan agar pendeita tidakkeluar rrmah karena malu memakai kalung mengkudu sehingg tetap berada di rumah. Dengan demikian penderita gondongan akan beristirahat dengan cukup sehingga gondongan akan segera pulih dengan lebih cepat.

Belekan diobati dengan air seni

John W. Armstrong dalam buku Air Kehidupan, Penyembuhan Dengan Terapi Urine (1998) menulis sebagai berikut “Keuntungan terapi urine ini adalah kesangat-sederhanaannya, sehingga seseorang dapat memahaminya tanpa perlu dijelaskan. Terapi ini tidak spesifik bagi tiap penyakit, tapi spesifik bagi kesehatan,”.

Berdasarkan pengalaman empiris, urine menunjukkan khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit sepele macam kurap hingga penyakit serius macam jantung koroner, stroke, dan kanker. Dan hal ini sudah di lakukan para orang tua jaman dahulu untuk mengobati penyakit belekan pada mata.

Dr. Ryoichi Nakao, kepala kesehatan tentara Jepang ketika perang dunia kedua menganjurkan kepada pasukan yang dikirim ke negara jajahan seperti Kamboja, Vietnam, Birma, sampai Indonesia, agar tidak panik bila kehabisan obat. Segala macam penyakit, air kencing bisa dijadikan obat. Kalau luka, kompres dengan air kencing begitu petunjuk dari sang dokter.

Dr. Iwan T. Budiarso, pensiunan ahli peneliti di Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular, Badan Litbangkes, Depkes RI telah lima kali berhasil lolos dari jeratan maut penyakit jantung yang diidapnya. Keberhasilan itulah yang membuatnya sangat giat menularkan pengalamannya itu kepada banyak orang yakni dengan meminum air seninya secara rutin.

Daging tokek untuk penyakit kulit

Tokek yang merupakan binatang yang banyak hidup di dekat rumah ini konon bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, eksim, korengan dan sebagainya. Pengolahan yang paling sering dilakukan adalah setelah tokek dikuliti, kemudian dibumbui dan digoreng. Selain itu dengan membuat serbuk tokek dengan membakar tokek sampai kering, kemudian menumbuknya sampai halus. Untuk mengkonsumsinya, serbuk diseduh dengan kopi dengan menggunakan air panas.

Keberadaan tokek kini akan semakin hilang dari alam seiring dengan tingginya minat manusia untuk mengonsumsinya sebagai bahan obat-obatan. Tokek rumah ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, dan penyakit kulit, dan bahkan rumor yang beredar dapat mngobati AIDS.

Permintaan terhadap tokek rumah ini memang melesat tajam seiring dengan gosip yang beredar bahwa satwa rumahan ini memiliki khasiat nyata untuk menyembuhkan AIDS. Khasiat yang belum terbukti secara medis ini kemudian dibantah oleh World Health Organization atau WHO.

Asma dengan daging kelelawar

Virus Coron yang merambah dunia diperkirakan dari sup klelawar yang ada di Wuhan, China. Memang hewan malam yang biasa hidup di dalam gua ini ternyata menjadi santapan sup bagi warga di sana. Namun ternyata kelelawar juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya mengobati penyakit asma.

Penelitian terhadap daging kelelawar sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma sudah pernah dilakukan. Para peneliti mengatakan bahwa daging kelelawar mengandung senyawa kitotefin. Senyawa kitotefin ini secara ilmiah memang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit asma. Senyawa kitotefin ini juga dapat ditemukan pada daging hewan lain, seperti kelinci.

Daging tokek untuk obat. Sumber mongabay

Demikian ulasan mengenai pengobatan tidak masuk akal yang ada di Indonesia. Apakah anda percaya hal demikian? Semua kembli kepada kepercayan masing masing. Sebenarnya untuk memperoleh obat dari alam, anda masih bisa menggunakan obat herbal. Berbagai produk dari jasa makloon herbal tentu bisa mengcover segala penyakit yang sudah ada obatnya di bidang medis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bisa memutuskan secara bijak, pilihan mana yang akan di jalani. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang berwisata ke Pantai Baron Jogja. Terima kasih.

Taman Wisata Pusuk Sembalun yang Mempesona

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini berlokasikan di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Lombok. Untuk sampai ke lokasi Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan dengan jarak sekitar 80 km dari pusat Kota Mataram.

Kawasan Wisata Pusuk Sembalun merupakan wilayah dataran tinggi, yakni sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut. Taman wisata ini menawarkan landscape pemandangan Desa Sembalun dari ketinggian dan terlihat juga gunung rinjani dengan jelas.

Selain itu, taman wisata yang satu ini menawarkan udara yang sangat segar dengan keindahan alam yang masih sangat rimbun. Nuansa yang dihadirkan di kawasan ini pun sangat alami dan permai. Sangat cocok unutk Anda yang ingin merefreshkan pikirin yang sedang kekutat dengan kegiatan rutinitas keseharian.

Kawasan yang tinggi sangat identik dengan suhu udara yang begitu rendah dan sangat dingin. Bahkan, suhu udara di kawasan ini bisa mencapai 7 derajat celcius ketika suhu normal di musim kemarau. Adapun pada musim hujan, suhu udara bisa mencapai sekitar 20 derajat celcius.

Pesona

Di kawasan Pusuk Sembalun, pengunjung dapat menikmati panorama keindahan Gunung Rinjani yang begitu mempesona dengan hutannya yang lebat dan nampak masih sangat alami. Selain itu, dari ketinggian Anda juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang begitu curam dan menjulang tinggi.

Belum lagi perbukitan, lembah, peternakan, dan pegunungan. Semua unsur di kawasan ini sangat mendukung untuk menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak bisa dipungkiri, keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini memang sangat luar biasa. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan seluruh pemandangan yang ada.

Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig burhan_work
Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig burhan_work

Hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika berkunjung ke Kawasan ini adalah terdapat banyak monyet liar. Untuk itu harus berhati-hati dan bersiap untuk mengamankan setiap perlengkapan yang Anda bawa dari gangguan monyet liar ini. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan beberapa makanan untuk bisa diberikan kepada monyet, sehingga barang Anda akan aman dan tidak direbut.

Lokasi

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata Gg. Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mempermudahkan dalam perjalanan, Anda bisa mengecek lokasi google mapsnya dengan klik di sini.

Rute

Tentu jika akan membahas terkait rute, akan terdapat banyak rute yang dapat Anda tempuh, bergantung dari titik awal perjalanan Anda. Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rute yang bermula dari ibu kota Lombok yakni Kota Mataram.

Rute untuk bisa menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini, dari ibu kota Lombok atau Kota Mataram, Anda harus menuju Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Jarak yang harus Anda tempuh adalah sekitar 82,30. Maka dari itu, untuk menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini melalui Kota Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit. Untuk rute atau jalur terbaik untuk menuju Taman Wisata ini, Anda bisa memilih Jalan Mataram Raya – Labuan Lombok.

Jam Buka

Untuk mengenai jam operasionalnya, Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terbuka 24 jam untuk menerima tamu pengunjung.

Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig zayazook
Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig zayazook

Fasilitas

Sebagai destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa, fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah sangat memadai dan dikelola dengan baik. Berikut ini adalah fasilitas yang terdapat di Kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun area parkir yang luas, toilet umum, warung makan dan spot foto yang instagramable.

Hal yang paling populer dari taman wisata ini adalah spot fotonya yang sangat menawan dan mengesankan. Dengan menaiki berbagai bukit yang ada di Pusuk Sembalun, Anda akan mendapatkan sejumlah spot foto dengan background yang sangat mempesona dan instagramable. Selain itu, juga ada sejumlah properti yang disediakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Harga Tiket

Untuk bisa berkunjung ke Taman Wisata Pusuk Sembalun ini anda tidak perlu mengeluarkan baiya yang mahal. Anda cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Biaya retribusi ini akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas yang lebih lengkap, perawatan tempat wisata, serta penjagaan kebersihan. Dengan dana yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan taman wisata yang sangat unik ini.

Itu dia beberapa informasi seputar taman wisata Pusuk Sembalun di Lombok. Bicara mengenai taman, untuk Anda yang berada di area Jogja dan sekitarnya yang mengingikan dekorasi taman yang menarik, hubungi jasa taman Jogja. Simak terus aneka ragam informasi di blog suka data.

Pembagian Ruang Rumah Joglo Yang Unik

Joglo merupakan rumah adat yang populer di Indonesia karena bangunan ini ada di mayoritas daerah di pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia. Bangunan Joglo jika anda mengamatinya cukup unik, mulai dari pembagian ruang rumah Joglo sampai struktur bangunannya. Seperti halnya tradisi unik di Sumatra Barat dalam membangun rumah, untuk membangun rumah Joglo terkadang juga diperlukan semacam upacara membangun rumah.

Mungkin saat ini sudah jarang sekali ada rumah Joglo yang memiliki bagian bagian yang lengkap. Biasanya dalam membangun Joglo untuk saat ini hanya membangun pendoponya saja. Hal ini dikarenakan bangunan Joglo dirasa tidak praktis. Inilah u;asan mengenai pembagian ruang rumah Joglo.

Pembagian Ruang Rumah Joglo

Pendopo Merupakan Bagian Rumah Joglo Paling Depan

Kantor pemerintahan di daerah Jogja bisa dipastikan di bagian depan kantor terdapat bangunan pendopo. Bangunan inilah yang menampilkan bangunan Joglo secara keseluruhan. Artinya, sekedar membangun pendopo saja saat ini orang sudah menyebutnya Joglo. Pendopo ini digunakan sebagai penerima tamu baik karena itu letaknya di depan.

Upacara adat seperti upacara daur hidup adat Islam seperti acara aqiqah, selametan dan beragam upacara lainnya dilaksanakan di tempat ini. Pendopo memiliki atap byang agak tinggi dengan tanpa tembok dan hanya berupa tiang dan atap saja. Biasanya pada bagian lantai dibuat bersih karena di pendopo tidak akan ditemukan kursi tamu. Namun saat ini, terutama di bangunan resmi pemerintah sudah ada seperangkat kursi tamu di bagian pendopo.

Pringgitan Sebagai Ruang Tamu

Di pringgitan akan ditemukan meja dan kursi tidak seperti di pendopo meskipun memiliki fungsi sama yakni menerima tamu. Pada bagian ini merupakan batas antara Pendopo yang merupakan bagunan luar dan Dalem yang merupakan bangunan utama dari bangunan Joglo. Batas antara pringgitan dengan pendopo akan dibatasi dengan sekat atau slintru yakni berupa sekat kayu yang bisa di geser.

Batas antara pringgitan dengan rumah dalem akan dibatasi oleh gebyok yaitu sekat permanen yang menggunakan kayu keseluruhan. Pada bagian inilah yang memperlihatkan mahalnya bangunan Joglo karena biasanya terlihat kayu jati berukir. Gebyok inilah yang biasanya diadopsi desainnya untuk dijadikan sebagai background panggung pengantin.

Dalem Sebagai Ruang Keluarga

Sesuai dengan namanya Dalem adalah bagian rumah Joglo yang ada di dalam. Karena itu setiap orang terutama bukan anggota keluarga tidak boleh masuk pada bagian rumah ini kecuali atas ijin dari pemilik rumah. Bangunan dalem biasanya digunakan sebagai ruang keluarga dan untuk bersantai bersama keluarga.

Senthong atau Kamar

Pada jaman dahulu kamar ini juga digunakan untuk menyendiri atau nenepi selain itu bangunan ini juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang pusaka seperti keris dan juga penyimpanan benda berharga lainnya seperti perhiasan. Pada masa lalu meskipun sebagai anggota keluarga terkadang tidak diperkenankan untuk memasuki senthong terutama sentthong yang digunakan sebagai tempat benda pusaka. Karena itulah begian bangunan ini terlesan angker, seram dan gelap.

Gandok Ruang Serbaguna

Bangunan gandok biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan seperti beras, palawija dan hasil panen lainnya dan berbagai peralatan. Namun sebenarnya gandok merupakan bangunan yang bisa multifungsi tidak hanya sebagai tempat menyimpanan saja. Sehingga penggunaannya bisa fleksibel.

Demikian artikel tentang pembagian ruang rumah Joglo yang unik. Dibangunnya rumah Joglo memang pada masa lampau mengandung banyak arti yang tersirat. Karena itulah dalam pembangunannya membutuhkan waktu yang lama. Bahkan sebagian perlu melakukan kegiatan laku prihatin untuk sekedar membangun rumah.

Joglo Modern

Namun saat ini jaman sudah berubah. Semua serba cepat dan efisiensi sangat diperlukan. Karena itu beberapa penyedia jasa bangun rumah di Jogja memberikan pelayanan pembangunan rumah dengan durasi pembangunan yang singkat. Adanya teknologi rumah pracetak memudahkan pembangunan rumah dan tentu jaminan keamanan juga terpenihi meskipun dibangun dalam tempo singkat.

Tradisi Turun Mandi di Minangkabau, Tradisi Menyambut Kelahiran Bayi

Sumatra Barat adalah daerah yang sarat akan tradisi leluhur khas Melayu. Adanya adat yang menyatu dengan ajaran ahama menjadikan adat sangat penting bagi kehidupan masyarakat minang. Salah satu ritual budaya yang masih dijaga sampai saat ini adalah Tradisi Turun Mandi di Minangkabau yakni adat dalam menyambut kelahiran bayi yang dilaksanakan selain aqiqah.

Rangkaian acara Turun Mandi. Sumber Harian Singgalang

Tradisi unik Sumatra Barat tersebut sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu ini, merupakan upacara yang dilaksanakan untuk mensyukuri nikmat atas kelahiran seorang bayi. Tujuan dilakukannya turun mandi ini adalah untuk memberitahu warga sekitar bahwa telah lahir keturunan baru dari sebuah keluarga tertentu di Minangkabau.

Upacara tradisi turun mandi ini juga menjadi momen pertama kali bagi ibu yang telah melahirkan byi tersebut untuk keluar rumah setelah proses melahirkan. Sebelum sang bayi dimandikan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan. Apabila bayi berjenis kelamin laki-laki, maka acara turun mandinya dilaksanakan pada hari ganjil, Namun apabila bayi perempuan maka hari turun mandinya adalah hari genap yang dihitung dari hari kelahiran.

Ritual Turun Mandi dan Persyaratan Yang Harus Dipenuhi

Tradisi turun mandi di Minangkabau harus memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Upacara turun mandi harus dilaksanakan di sungai, atau orang Minang menyebutnya dengan batang aie. Dan yang boleh menbawa bayi dari rumah ke sekitar sungai tersebut bukanlah ayah atau ibu si bayi, melainkan orang yang berjasa membantu proses persalinan atau dukun bayi.
  • Keluarga si bayi harus menyediakan beras yang telah digoreng atau biasa disebut dengan batiah bareh badulang. Batiah ini nantinya dibagikan kepada anak-anak kecil yang mengikuti upacara turun mandi. Pembagian beras goreng ini sebagai bentuk ucapan terima kasih sekaligus perkenalan diri si bayi sebagai bagian dari anak-anak tersebut.
  • Menyediakan obor yang terbuat dari kain-kain yang telah robek atau disebut dengan sigi kain buruak. Sigi kain buruak ini memiliki makna tidak ada satu pun yang bisa menghambat si bayi untuk menuntut ilmu di masa depannya. Sigi ini nantinya akan dibakar dari rumah, kemudian dibawa ke sungai tempat si bayi akan dimandikan.
  • Menyediakan bibit kelapa siap tanam yang disebut dengan tampang karambia tumbuah. Bibit kelapa ini akan dihanyutkan di sungai dari atas, lalu ditangkap oleh ibunya setelah bibit kelapa tersebut mendekati anak lalu saat pulang, bibit kelapa ini akan ditanam yang nantinya akan menjadi bekal hidup bagi si anak.
  • Menyediakan tangguak (tangguk), yaitu alat yang digunakan untuk menangkap ikan. Tangguak ini melambangkan bekal ekonomi si bayi di masa yang akan datang. Selain itu, kegunaan dari tangguak ini adalah untuk meletakkan batu yang diambil dari sungai sebanyak tujuh buah. Kemudian ketujuh batu tersebut bersama tampang karambia akan dibawa pulang yang kemudian ditanam.
  • Harus ada palo nasi, yaitu nasi yang terletak paling atas dan dilumuri dengan arang serta darah ayam. Palo nasi disiapkan sebanyak tiga cawan, yang nanti dua cawan diletakkan di jalan menuju sungai tempat mandi dan yang lainnya ikut dibawa ke sungai tempat upacara turun mandi berlangsung. Tujuan dari palo nasi ini adalah untuk mengusir roh jahat atau makluk halus yang ingin mengganggu upacara turun mandi.
Potong rambut saat aqiqah

Si bayi dan ibunya akan diarak pulang diikuti oleh orang-orang yang terlibat dalam prosesi acara turun mandi setelah acara turun mandi dan persyaratan di atas terpenuhi. Sesampainya di rumah, mereka akan mendapat jamuan yang sudah disediakan oleh keluarga si bayi.

Meskipun saat ini telah ada berbagai layanan aqiqah,namun tradisi menyambut kelahiran bayi secara adat tetap di laksanakan oleh sebagian masyarakat indonesia. Bahkan penyedia jasa aqiqah Jakarta pun, selain menyediakan keperluan aqiqah jug terlibt dalam upacara adat betawi yang dinamakan akeke.

Itulah u;asan mengenai tradisi turun mandi di Minangkabau. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat bagi semua yang membaca. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang wisata pantai Nglambor Yogyakarta.

Tradisi Unik di Sumatra Barat Yang Perlu Anda Tahu

Sumatra Barat adalah wilayah di sisi barat pulu Sumatra yang memiliki kebudayaan melayu yang masih kental. Beberapa tradisi unik di Sumatra Barat merupakan warisan dari leluhur mereka. Salah satu yang mempengaruhi corak tradisi dan kebudayaan di Sumatra Barat adalah Agama Islam. Karena itulah ada ungkapan masyarakat Minangkabau yang berbunyi adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Adat tabui.

Beberapa tradisi di Padang Sumatra Barat berhasil menarik perhatian pelaku wisata. Karena itulah beberapa tradisi wisata tersebut di masukan dalam daftar pakej percutian Padang yang menyasar wisatawan dari tanah seberang yakni Malaysia. Inilah tradisi unik di Sumatra Barat yang perlu anda ketahui.

Tradisi Pacu Jawi

Tradisi Pacu Jawi merupakan tradisi unik yang dilakukan masyarakat minangkabau. Tradisi unik Pacu Jawi ini mirip dengan Karapan Sapi di daerah Madura. Tetapi yang membedakan keduanya ialah lahan yang dipakai. Karapan Sapi memakai sawah yang kering, sedangkan Pacu Jawi memakai sawah yang basah dan berlumpur. Selain itu, joki Pacu Jawi tidak memakai tongkat seperti Karapan Sapi, mereka biasanya menggigit ekor sapi dengan tujuan agar sapi berlari dengan cepat.

Tradisi Tabuik

Tradisi Tabuik merupakan upacara adat yang dilakukan pada setiap tanggal 10 Muharam. Acara ini pertama kali dikenalkan oleh tentara Tamil muslim yang berasal dari India pada tahun 1831. Kegiatan ini kabarnya memperingati hari Asyura. Adapun makna Tabuik sendiri merupakan pengusungan jenazah. Jenazah melatar belakangi adanya kasus pembantaian cucu Nabi di hari asyura.

Tradisi ini merupakan adat Syi’ah namun seiring berjalan waktu, tak sedikit penganut Sunni yang turut melakukannya. Peringatan Asyura mencakup upacara pelabuhan Tabuik ke laut lepas. Sebagian berpendapat, Tabuik sangat penting untuk menghormati keluarga nabi Muhammad SAW tanpa harus berlebihan dengan menyiksa diri meratapi pembantaian cucu nabi.

Pacu Itiak

Pacu Bebek atau Pacu Itiak merupakan tradisi turun temurun sejak tahun 1928. Acara ini dilakukan untuk menguji bebek siapa yang bisa memenangkan pertandingan. Tujuan dari acara ini adalah melestarikan budaya dan sebagai bentuk kreativitas industri wisata yang merupakan warisan dari zaman dahulu. Panitia perlombaan biasanya langsung pemerintah setempat atau juga komunitas dari masyarakat. Terdapat hadiah menarik pada acara ini.

Tradisi Basapa

Kegiatan ini merupakan ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin yang berlokasi di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.Basapa berasal dari kata Safar yang merupakan nama bulan dalam kalender Hijriah karena umumnya pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 10 Safar. Tujuan kegiatan ini ialah sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih terhadap Syekh Burhanuddin.

Syekh Burhanuddin memang seorang ulama yang mengembangkan ajaran Islam di Minangkabau. Ajaran Tarekat Syatarriah yang dibawa Syekh Burhanuddin mendapat tempat di hati masyarakat Minangkabau yang berpenduduk mayoritas muslim tradisional.

Sapa Gadang yang merupakan fase pertama kegiatan ritual ini yang diadakan pada minggu kedua bulan Safar sedangkan Sapa Ketek diadakan pada minggu selanjutnya. Tanggal 10 Safar sendiri diyakini sebagai tanggal atau hari dimana meninggalnya Syekh Burhlanuddin yaitu 10 Safar 1111 H/1691 M. artinya perayaan ini jug sekaligus memperingati kematian Syekh Burhanuddin.

Upacara Batagak Kudo-Kudo

Bentuk gotong royong dari masyarakat Minang adalah upacara ini. Upacara Batagak Kudo-Kudo ialah salah satu rangkaian panjang dari tradisi masyarakat Minangkabau dalam membangun rumah baru. Kegiatan ini dilakukan saat sebuah rumah baru akan baru dipasang pondasinya.

Tradisi ini mirip dengan “baralek” dengan mengundang orang kampung dan sanak famili. Para undangan yang datang biasanya tidak datang dengan tangan kosong saja. Mereka biasanya membawa seng atau atap untuk rumah guna memberikan bantuan seikhlasnnya. Sehingga seseorang yang akan membangun rumah beban biayanya akan menjadi lebih ringan.

Tradisi Pacu Itiak. Sumber cloudfront.net

Itulah beberapa tradisi unik di Sumatra Barat yang merupakan salah satu bentuk kekayaan budaya tanah Nusantara. Sungguh, tradisi ini memiliki nilai-nilai yang patut dipertahankan. Dengan demikian tradisi tersebut masih bisa di nikmati oleh generasi selanjutnya meskipun terjadi kemajuan ilmu dan teknologi secara masif. Semoga artikel ini bermanfaat,angan lupa membaca artikel kami lainnya tentang wisata Pantai Baron Yogyakarta. Terima kasih.

Create your website at WordPress.com
Get started