Wisata Belanja Hemat di Pasar Wisata Batu Malang

Liburan ataupun berwisata menjadi salah satu alternatif favorit bagi kita atau umumnya orang untuk me-refresh kembali diri setelah bergelut berbulan-bulan dengan rutinitas masing-masing. Entah rutinitas kerja, akademik, sosial dan lain sebagainya. Nah Artikel kali ini akan mengulas salah satu kota dengan destinasi wisata yang layak untuk kamu pertimbangkan. Ya betul, mana lagi kalau bukan Pasar Wisata Batu Malang.

Pasar Wisata Batu mempunyai banyak jenis pasar yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Ini menarik, karena berkunjung ke destinasi wisata menjadi kurang lengkap jika tidak berbelanja. Apalagi pasar-pasar di kota ini mempunyai keunikan tersendiri yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Para traveler di samping bisa berjalan-jalan, juga bisa menemukan berbagai macam buah tangan yang unik untuk keluarga di rumah.

Ilustrasi salah satu pasar apung sebagai destinasi wisata, Sumber : unsplash.com
Ilustrasi salah satu pasar apung sebagai destinasi wisata, Sumber : unsplash.com

Referensi Pasar Wisata Batu Malang

Malang menjadi destinasi wisata pilihan banyak traveler. Banyak tempat unik yang bisa terus diulik dari keindahan alam, budaya, peninggalan sejarah hingga pasar wisatanya. Kali ini ada beberapa referensi pasar wisata Batu Malang yang bisa dikunjungi untuk berbelanja atau berjalan-jalan santai menikmati suasana di pasarnya. Mari simak ulasan berikut.

Pasar Besar

Tampak depan Pasar Besar Kota Batu Malang, Sumber : malangvoice.com
Tampak depan Pasar Besar Kota Batu Malang, Sumber : malangvoice.com

Sesuai dengan namanya pasar ini menjadi pasar terbesar di Kota Malang. Pasar besar juga menjadi pusat grosir yang menyediakan kebutuhan primer di Kota Malang. Dulunya pasar ini disebut sebagai Pasar Pecinan karena letaknya yang berdekatan dengan kawasan Pecinan. Pasar ini mengombinasikan antara pasar tradisonal dan modern.

Pasar Besar terus dikembangkan untuk meningkatkan laju ekonomi Kota Malang. Traveler yang ingin berbelanja di pasar ini bisa datang ke Jalan Pasar Besar, Klojen, Sukoharjo, Kota Malang. Pasar ini ada beberapa lantai, lantai pertama dan kedua diisi oleh penjual sayur mayur, buah, dan kebutuhan pokok lainnya. Sementara, untuk lantai tiga dan empat ada department store, tempat bermain anak, dan tempat makan.

Pasar Oro-Oro Dowo

Tampak dalam Pasar oro-oro Dowo, Sumber : sophiamega.com
Tampak dalam Pasar oro-oro Dowo, Sumber : sophiamega.com

Cukup berbeda dengan pasar pertama yang telah disebutkan di atas, Pasar Oro-Oro Dowo menjadi pasar tradisional tertua di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1932. Pasar ini juga mempertahankan bangunan peninggalan Belanda yang menghadap ke utara. Sudah bisa terbayang bukan bagaimana keseruan berbelanja di pasar sekaligus melihat peninggalan tua di area pasar ini. Tak ada salahnya untuk berkunjung ke pasar ini jika traveler sedang berlibur di Malang.

Pasar Wisata Batu Malang Yang Menjajakan Barang Unik

Sentra Keramik Dinoyo

Contoh oleh-oleh di Sentra Kerajinan Kramik Dinoyo Malang, Sumber : ngalam.co/
Contoh oleh-oleh di Sentra Kerajinan Kramik Dinoyo Malang, Sumber : ngalam.co/

Seusai mendatangi pasar yang menyediakan kebutuhan pokok ada beberapa pasar lagi yang unik untuk dikunjungi sebelum meninggalkan Malang. Sentra Kramik menjadi salah satu wisata yang menjajakan souvenir khas kota ini. Sederet tempat ini menjual produk-produk yang terbuat dari keramik seperti vas, mug, cangkir mini, teko lucu, dan berbagai souvenir dan hiasan.

Selain hal tersebut, traveler juga bisa melihat pembuatan kerajinan keramik tersebut. Sebagai bentuk kenangan berkunjung ke Malang bisa membawa kerajinan keramik untuk mempercantik isi rumah.

Baca Juga : Pesona Hutan Pinus Mangunan, Sejarah dan Perkembangannya

Pasar Buku Wilis

Salah satu kios penjual buku di Psar Buku Wilis, sumber : tastistuska.blogspot.com
Salah satu kios penjual buku di Psar Buku Wilis, sumber : tastistuska.blogspot.com

Pasar Wisata Batu berikutnya ada pasar buku wilis yang menjual buku-buku dengan kondisi bekas dan baru. Pasar ini banyak didatangi para kolektor buku dari luar Malang. Kios buku di pasar ini buka dari pagi sampai sore hari. Bagi traveler pecinta buku sangat disarankan untuk bisa mampir ke pasar ini.

Pasar Roma

Salah satu sudut Pasar Roma malang, Sumber : travelingyuk.com
Salah satu sudut Pasar Roma malang, Sumber : travelingyuk.com

Setelah mengulik berbagai Pasar Wisata Batu Malang masih banyak pasar yang berbeda dengan pasar umumnya dan produk yang ditawarkan relatif murah. Pasar berikutnya ada pasar Roma yang ternyata memiliki kepanjangan Pasar Rombengan Malam. Pasar ini merupakan pasar dadakan yang dibuka dari pukul 7 malam sampai dini hari.

Traveler di pasar ini bisa menemukan macam-macam barang seperti tas, sepatu, dan jam. Pedagang menjajakan dagangannya di sepanjang trotoar Jl. KH Ahmad Dahlan, Jodipan, Kec. Klojen, Kota Malang. Pasar Roma dikenal juga dengan sebutan pasar maling karena ada beberapa barang yang dijual di sisni hasil dari curian.

Pasar Wisata Batu Malang Yang Unik Untuk Dikunjungi Traveler

Pasar Apung Nusantara Batu Malang

Tampak dari salah satu sudut Pasar Apung Nusantara, Sumber : datawisata.com
Tampak dari salah satu sudut Pasar Apung Nusantara, Sumber : datawisata.com

Masih ada satu lagi destinasi wisata Malang yang perlu kamu kunjungi, yaitu pasar apung malang. Tak perlu jauh-jauh keluar pulau untuk bisa naik perahu karena di pasar ini bisa berwisata di atas perahu dan berbelanja di sini. Lokasi pasar ini bergabung dengan Museum Angkut. Tampaknya pepatah yang berbunyi sekali mendayung dua pulau terlampaui pantas disematkan di area ini.

Biaya naik perahu berkeliling pasar apung sangat terjangkau cukup merogoh 10.000 rupiah. Para traveler tentunya ingin mengabadikan momen di pasar ini bukan? Jangan risau karena pasar apung menyediakan beberapa spot yang instagramable. Ada juga beberapa rumah adat Indonesia yang disajikan sebagai pemandangan di sini.

Pasar ini terletak di Jl terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Jawa Timur Indonesia. Akses jalan menuju destinasi wisata ini cukup mudah karena jalan sudah mulus dan tidak begitu naik turun. Pasar apung dibuka dari jam 12 siang sampai jam 9 malam. Untuk harga tiket per orang dikenakan biaya 60k pada hari senin sampai kamis, sementara hari jumat sampai minggu dikenakan tarif 80k.

Baca Juga : Tips Liburan Murah ke Labuan Bajo

Nah itulah ulasan seputar Pasar Wisata Batu yang bisa menjadi salah satu pilihan berbelanja setelah liburan kamu di Malang. Kamu juga bisa menyimak ulasan-ulasan lain seputar destinasi menarik untuk liburan kamu bersama keluarga. Pastikan destinasi liburan yang kamu pilih tidak hanya aman dan nyaman di kantong, tapi juga aman dan nyaman bagi kamu sekeluarga. Jangan lupa Kamu juga bisa share artikel kami melalui laman sosial media yang Kamu miliki. Nantikan artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s