Mengenal Tali Lanyard dan Tempat Pembuatannya

Kebutuhan terhadap lanyard saat ini memang tidak bisa dihindari. Sehingga tidak heran banyak bermunculan berbagai industri dari skala besar hingga home industri yang memproduksi lanyard. Jogja sebagai kota pelajar yang sering mengadakan event seperti seminar, workshop, bazar, bakti sosial, kompetisi, pameran, dan lain-lain tentu tidak bisa lepas dari kebutuhan lanyard.

Bahkan hampir setiap hari lanyard diproduksi di Jogja. Apalagi ketika penerimaan siswa baru dan mahasiswa baru, atau saat weekend maka kebutuhan akan cetak lanyard melambung tinggi. Dari penjelasan tersebut mungkin anda tergambarkan mengenai lanyard.  

Apa itu Lanyard?

Secara umum lanyard adalah tali gantungan yang biasa digunakan pada leher atau hanya dipegang. Tali gantungan ini kemudian diikat dengan sesuatu atau barang berupa kartu identitas (ID card), USB, ponsel, kartu kredit, dan lain lain.

Tali Lanyard, Sumber: Pinterest/@urbanblues.com

Penggunaan lanyard ini dengan tujuan untuk memudahkan orang untuk menunjukan identitas diri kepada orang lain atau sebagai pembeda antara mereka dengan orang lain. Karena lanyard umum dipakai bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar, baik itu BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), atau swasta sebagai tanda pengenal.

Bahan Tali Lanyard

Bahan yang digunakan untuk pembuatan tali lanyard biasanya dari bahan polyster, penggunaan bahan polyester karena beberapa alasan, meliputi:

  1. Bahan mudah dicetak.
  2. Bahan dapat didaur ulang.
  3. Harga bahan murah.
  4. Bahan tidak mudah melar dan menyusut.
  5. Warna bahan awet atau tahan lama.

Sejarah Lanyard

Lanyard sendiri sebenarnya memiliki sejarah. Awal mula pada abad ke-19 lanyard ditemukan untuk digunakan sebagai pengaman senjata perang berupa pisau jack. Sedangkan bahan yang digunakan berupa tali kabel yang selanjutnya pada tahun 1983 digunakan sebagai penghias pakaian, gantungan peluit, dan tali pedang.

Dari tahun ketahun, lanyard semakin berkembang dan tentunya memiliki bentuk yang semakin bagus. Bahkan sampai saat ini lanyard tidak hanya digunakan sebagai gantungan tali identitas saja namun juga digunakan untuk mengenalkan perusahaan atau branding produk dari sebuah perusahaan.

Jenis Tali Lanyard

Ada beberapa jenis tali yang digunakan untuk pembuatan lanyard, diantaranya:

1. Polyester Tissue

Bahan polyester tissue sering digunakan untuk pembuatan tali karena banyak diminati oleh konsumen terutama dalam bisnis olahraga. Karakteristik dari bahan ini sangat rata dan halus. Jika diperhatikan lebih detail permukaannya tampak padat dengan ikatan serat yang rapat. Dari permukaan yang halus itulah tali tersebut dinamakan polyester tisu. Karena sama seperti halusnya tisu.

Tali Lanyard, Sumber: Pinterest/@zumiez.com

2. Polyester Nilon

Bahan polyester nilon dari segi tekstur memiliki permukaan yang agak kasar. Selain itu, ikatan antar seratnya juga kasat mata. Karakteristik permukaannya tidak halus, namun bahan ini kuat dalam menahan beban. Sehingga tali lanyard dari bahan ini tidak mudah putus dengan benda berat sekalipun.

3. Polyester Sarung

Bahan polyester sarung memiliki serat penyusun yang sama dengan polyester nilon. Tapi bentuknya berbeda, apabila bahan polyester nilon berbentuk pipih, maka bahan polyester sarung punya bentuk yang sedikit agak mengembang dan lebih bervolume. Bahannya tergolong bagus dengan permukaan rawan terkoyak sehingga seratnya mudah tertarik ke luar dan sobek.

4. Polyester Doff

Bahan polyester doff sangat berbeda dengan jenis tali polyester tissue, nilon, dan sarung. Perbedaan tersebut dikarenakan material yang ada pada campuran bahan yang dimilikinya. Jenis bahan polyester doff tidak ditambahkan dengan filament, sehingga tampilan yang dimilikinya akan tampak lebih doff.

Tempat Pembuatan Lanyard Di Jogja

Anda ingin membuat tali lanyard, namun bingung mencari produsen lanyard di Jogja. Berikut, kami berikan rekomendasinya untuk anda:

1. Jagoan Lanyard

Merupakan produsen atau divisi khusus pembuatan lanyard custom yang berdiri sejak tahun 2013. Divisi ini juga memiliki produk baru berupa cetakan lanyard custom dengan semua produk 100% dikerjakan sendiri. Divisi jagoan lanyard selalu mengedepankan kualitas, garansi produk, yang merupakan salah satu bentuk komitmennya.

Perusahaan ini beralamat di JL. Babarsari No.14 Umbulharjo Yogyakarta, dengan kode pos 55161. Karena didukung sumber daya manusia yang memadai, membuat mesin digital printing yang dimiliki mampu menghasilkan produk cetak lanyard custom berkualitas tinggi dan bahkan berbagai macam instansi pemerintahan, dan juga perorangan sudah mempercayakan cetak lanyard custom di perusahaan ini.

Tali Lanyard, Sumber: Pinterest/@mockups-design.com

Bahan yang digunakan perusahaan ini dalam pembuatan lanyard menggunakan bahan tisu berkualitas. Karena memiliki tekstur yang lembut seperti tisu dan memiliki serat yang kuat, membuat tinta printing yang di gambar ke tali lanyard akan meresap dengan sangat baik kedalam bahan tersebut.

2. Laksada Id

Produsen ini beralamat di jl. Semangu, Rt 11 / Rw 04, karangsari kulon, rejowinangun yogyakarta. Perusahaan ini melayani pembuatan tali ID Card custom, lanyard berkualitas, dan dengan menawarkan harga terjangkau untuk produk yang dijualnya.

3. Id Card Kulit

Merupakan produsen perusahaan yang tidak hanya melayani penjualan lanyard namun juga semua koleksi produk kulit yang bahkan telah terkenal sampai ke negara lain. Produsen ini juga biasanya menerima kerjasama dengan siapapun yang siap menjadi dropshipper dan tentunya mereka juga akan mengajarkan anda cara kerja serta pengiriman kargo dan reguler tidak perlu anda khawatirkan karena biasanya mereka yang menangani.

Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. Nitikan No.442B, Rt 41 / Rw 11, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Lanyard Jogja

Produsen ini beralamat di Jl. Saman, RT. 06 / RW. 10, tanjung, bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Produsen ini menyediakan berbagai bentuk lanyard dari yang menggunakan sablon hingga cetak printing dengan harga yang terjangkau pula.

5. Bikin Id Card

Merupakan produsen lanyard yang banyak menyediakan promo promo menarik terutama di hari-hari perayaan besar. Menawarkan kualitas produk yang bagus, memastikan kepuasan pelanggan, dan mengutamakan ketepatan waktu saat proses order berlangsung adalah motto perusahaan ini. Untuk alamatnya sendiri berada di Jl. Nyi Ageng Nis, No.550, Kel.rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta.

6. Jogja Card

Merupakan produsen percetakan spesialis lanyard dan id card, yang sudah berdiri selama kurang lebih 5 tahun dan sudah terbukti kualitasnya. Produsen ini sendiri beralamat di jl. Veteran, No.172, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta.

Itulah penjelasan singkat mengenai lanyard dan beberapa rekomendasi produsen lanyard terpercaya. Apabila anda ingin memesan bungkusan untuk tali lanyard, tidak lupa juga untuk memasan melalui jasa packaging Jogja agar bungkusan anda lebih rapi dan terlihat menawan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengenal lanyard beserta produsennya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s