Mengenal Berbagai Cara Pengobatan Sakit Gigi Tradisional

Sakit gigi adalah keluhan yang umum terjadi pada masyarakat Indonesia. Dari anak-anak hingga orang tua banyak yang mengalami keluhan ini. Ada banyak pilihan untuk mengobati sakit gigi. Faktanya, beberapa masyarakat desa cenderung lebih memilih pengobatan sakit gigi tradisional bila dibandingkan harus ke dokter atau klinik gigi

Salah satu penyebab utamanya adalah biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Pengobatan dengan cara tradisional dengan bahan alami bisa dilakukan sendiri yaitu memanfaatkan bahan dan tanaman sekitar. Meskipun sembuhnya relatif lama, namun banyak yang mempercayai bahwa cara pengobatan alami ini lebih aman.

Selain itu, ada juga beberapa yang mendatangi praktek-praktek pengobatan tradisional seperti tetek untukmu yang di Semarang. Tapi sebenarnya praktek tradisional ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah meskipun telah banyak yang membuktikan kesembuhannya. Tertarik mencoba?

Mereka yang memanfaatkan jasa praktek tradisional ini ternyata adalah mereka yang sudah menggunakan berbagai cara namun tak kunjung sembuh  juga. Akhirnya sebagai bentuk totalitas ikhtiar mereka memakai jasa praktek tradisional ini. Karena memang ketika membicarakan sakit gigi itu rasanya putus asa sekali. Bahkan ada kalimat popular di masyarakat “lebih baik sakit hati daripada sakit gigi”. Karena rasanya memang sesakit itu.

3 Cara Mandiri Pengobatan Sakit Gigi Tradisional 

Pengobatan Sakit Gigi. Sumber : unplash.com
Pengobatan Sakit Gigi. Sumber : unplash.com

Ada banyak alasan kenapa seseorang lebih memilih pengobatan tradisional dibandingkan harus ke dokter gigi. Selain kendala biaya yang memang maha, ada banyak alasan lain seperti sakit gigi yang tak kunjung sembuh, prinsip pengobatan herbal, percaya cara yang sudah turun temurun, atau bahkan karena takut ke rumah sakit. 

Nah, untuk Anda yang memilih cara tradisional dan alami ini dia 3 cara pengobatan gigi yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cara ini  cukup ilmiah karena kandungan bahan yang digunakan memang terbukti bagus untuk mengobati sakit gigi.

1. Bawang Mudah Didapat

Cara ini sudah dikenal turun temurun. Khasiat bawah putih adalah untuk meredakan nyeri sakit gigi. Cara penggunaannya adalah dengan mengunyah bawang putih kemudian didiamkan sebentar baru setelah itu berkumur. Cara ini dipercaya efektif meredakan nyeri.

2. Garam Terkenal Ampuhnya 

Berkumur dengan garam merupakan pertolongan awal sebelum periksa gigi ke dokter. Garam dengan alkaline nya mampu menaikkan keseimbangan pH dalam mulut sehingga membuat bakteri susah hidup. larutan garam ini terkenal ampuhnya dan memang terbukti secara ilmiah. Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan garam pada air hangat dan menggunakanya untuk berkumur. 

3. Cengkeh Dipercaya Meredakan Nyeri

Menurut penelitian, kandungan eugenol dalam cengkeh mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi. Pengobatan sakit gigi tradisional ini dilakukan dengan cara menggigit cengkeh pada gigi yang sakit. Ada juga yang menyarankan dengan kapas dan minyak cengkeh. Pemakaian cengkeh ini harus bijak ya, karena kalau salah bisa menimbulkan iritasi. 

Aneka Macam Herbal. Sumber : unplash.com
Aneka Macam Herbal. Sumber : unplash.com

Itu tadi 3 cara pengobatan tradisional yang bisa dilakukan mandiri. Sebenarnya masih banyak cara lain seperti memanfaatkan daun jambu, cuka, madu, daun mint, juga tanaman mahoni dengan memanfaatkan bijinya. Mungkin Anda juga bisa mencoba cara tradisional lain yang diturunkan dari orangtua dulu. 

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Perawatan Gigi. Sumber : unplash.com
Perawatan Gigi. Sumber : unplash.com

Dengan pengetahuan pengobatan gigi secara tradisional tadi kita setidaknya tahu apa yang dilakukan ketika tiba-tiba sakit gigi. Meskipun kalau disuruh milih mending nggak usah sakit gigi, tapi yang namanya ilmu pastilah bermanfaat entah untuk diri kita atau orang lain.

Jika kondisimu sekarang sehat wal afiat, banyakin bersyukur yuk. Diluaran sana banyak orang yang sakit pun tetap optimal dalam menjalani hari. Maka salah satu cara kita bersyukur adalah merawat apa yang Allah titipkan untuk kita salah satunya gigi kita.

Pernah merasakan sakit gigi? Pasti nggak mau lagi kak? Yuk cegah dengan cara-cara berikut ini :

1. Cegah Sakit Gigi dengan Rutin Menggosok Gigi

Menjaga kebersihan gigi merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya sakit gigi. Menjaga kebersihan gigi dapat dilakukan dengan rutin gosok gigi. Waktu yang tepat untuk gosok gigi adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jadi jangan salah paham ya, gosok gigi jangan setiap saat, tapi lakukan dalam sehari dua atau tiga kali. Anad juga perlu memperhatikan teknik yang tepat saat menggosok gigi.

2. Gunakan Pasta Gigi yang Tepat

Setiap orang memiliki jenis gigi yang berbeda. Ada yang gigi sensitif ada juga yang tidak. Maka menentukan pasta gigi yang tepat itu sangat penting untuk kesehatan gigi kita. Jangan asal beli aja karena murah atau adanya diskon. Kenali terlebih dahulu jenis gigimu baru setelah itu menentukan pasta gigi yang tepat.

3. Pastikan Sikat Gigi Juga Terawat

Kebersihan sikat gigi juga merupakan faktor terpenting dalam perawatan gigi. Kita harus memastikan sikat gigi yang kita pakai itu tidak merusak gigi dan atau gusi. Rutin mengganti sikat gigi juga perlu diperhatikan, karena jika sudah lama tidak diganti justru akan menjadi sumber kuman. Pastika sikat gigimu terjaga kebersihannya ya.

4. Rutin Periksa Gigi

Ini yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang. Banyak yang berpikir bahwa periksa gigi hanya saat sakit gigi. Padahal itu sebuah prinsip yang salah, seharusnya kita rutin periksa kondisi gigi ke rumah sakit atau dokter gigi. Sehingga kita tahu pencegahan apa yang bisa kita lakukan untuk kesehatan gigi kita

Karena penyebab sakit gigi itu banyak, solusi yang ditawarkan juga banyak maka kita harus bijak dalam bersikap dan memilih. Jika kita yakin bahwa pengobatan tradisional, alami, ataupun herbal mampu menyembuhkan maka pastikan dulu bahwa cara yang digunakan aman dan tidak menimbulkan efek berkepanjangan.

Di era sekarang memang kita dituntut untuk bijak dalam segala hal. Termasuk masalah kesehatan ini, karena ada banyak sekali metode pengobatan tradisional maupun medis yang ditawarkan kepada masyarakat. Tetap berhati-hati dan bijak dalam bersikap. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s