Tanaman dan Buah yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Bau mulut tidak sedap merupakan masalah yang biasa dialami oleh banyak orang dari segala usia. Masalah ini, selain bisa mengganggu rasa percaya diri, juga sebagai indikasi adanya masalah, baik pada kondisi kesehatan gigi, pencernaan dan sebagainya. Karenanya, sangat penting menjaga kesehatan gigi.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik bisa dilakukan dengan menggosok gigi dua kali sehari dan menjaga pola hidup sehat dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pada artikel ini, ada beberapa jenis tanaman yang baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Tanaman dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Selain rutin menyikat dan memeriksa gigi pada dokter, Anda juga bisa mencoba cara lain untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat. Salah satu cara alternatif yang kami rekomendasikan adalah dengan mengonsumsi tanaman-tanaman di bawah ini.

Apel

Konsumsi apel sehari diyakini bisa menjauhkan Anda dari urusan dengan dokter gigi. Dengan kata lain, kondisi gigi Anda tetap dalam keadaan ideal. Kandungan yang ada dalam buah apel bisa membantu untuk membersihkan plak dan karang gigi.

Jeruk

Jeruk dan setiap jenis buah yang memiliki kandungan vitamin C bisa memberikan perlindungan pada gusi dari resiko kerusakan. Karena memang, vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan gusi, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memerangi segala jenis infeksi pada bagian mulut.

Stroberi

Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, Anda bisa menggosokkan stroberi langsung pada gigi. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi pure dan digunakan seperti penggunaan pasta gigi. Kandungan asam malat pada buah ini sangat bagus dalam memutihkan gigi.

Buah stroberi untuk menjaga kesehatan gigi, sumber: istockphoto.com
Buah stroberi untuk menjaga kesehatan gigi, sumber: istockphoto.com

Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan nutrisi seperti kalium, mangan dan magnesium. Dengan kandungan tersebut pisang bisa menjaga kesehatan gigi dengan baik. Kulit pisang diyakini bisa membuat gigi putih dan mengatasi masalah gigi sensitif.

Jahe

Tanaman jahe mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak cuma mengobati masalah tenggorokan yang sakit, perasan jahe juga terbilang cukup ampuh dalam mengatasi masalah pada mulut dan gigi. Khususnya aroma tidak sedap pada mulut.

Akar Manis

Tanaman satu ini memiliki sifat antimikroba, antioksidan, antiinflamasi dan kandungan antibakteri yang ada di dalamnya diyakini sangat ampuh untuk mengatasi masalah seperti sariawan, mencegah kerusakan gigi dan menghilangkan bau mulut.

Daun Mint

Tidak diragukan lagi, daun satu ini hampir semua orang mengetahui manfaatnya. Bahkan pada banyak produk pasta gigi, tanaman satu ini dijadikan salah satu bahan pembuatannya. Hal tersebut karena aroma dan kesegaran daun mint yang bisa membuat nafas menjadi segar dengan kandungan antioksidannya.

Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut tanaman satu ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami obat kumur. Berkumur dengan lidah buaya bisa membantu mengurangi pendarahan dan merontokkan plak pada gigi.

Lidah buaya, sumber: pixabay.com
Lidah buaya, sumber: pixabay.com

Daun Kemangi

Daun satu ini masih satu keluarga dengan daun mint. Tanaman hijau ini memiliki aroma yang khas dan wangi yang lembut. Karena aromanya yang khas, tanaman satu ini bisa juga Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah bau mulut.

Siwak

Siwak adalah sikat gigi yang terbuat dari ranting pohon arok. Ranting pohon satu ini umumnya dipotong dengan ujungnya yang dibentuk menyerupai serabut. Ujung yang berbentuk serabut inilah yang nantinya dimanfaatkan untuk menggosok-gosok gigi agar bersih dan sehat.

Cengkeh

Walaupun sensasinya sedikit agak pedas, tanaman satu ini biasanya dikunyah oleh orang zaman dulu untuk menguatkan gigi dan mengharumkan nafas. Karena aromanya yang dan sensasinya yang khas, cengkeh diyakini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Biji Buah Pinang

Biji buah pinang juga sering dimanfaatkan untuk pasta gigi. Biasanya biji buah pinang dibakar terlebih dahulu sampai menjadi abu. Selanjutnya abu biji buah pinang tersebut digosokkan secara perlahan dan merata pada gigi.

Daun Salam

Daun salam biasanya dimanfaatkan untuk bumbu dapur penambah cita rasa masakan. Namun, ternyata tanaman satu ini juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi sejak dulu.

Daun salam yang masih hijau digosokkan pada sekitar permukaan gigi dan bersihkan dengan kumur-kumur. Walaupun terlihat sederhana dan simpel, cara satu ini dipercaya sangat ampuh untuk menjaga kebersihan gigi.

Tampilan daun salam, sumber: istockphoto.com
Tampilan daun salam, sumber: istockphoto.com

Daun Jambu Klutuk

Daun jambu klutuk yang dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi adalah yang masih muda. Caranya adalah dengan dikunyah mentah-mentah dan tak jarang orang yang menelannya, karena mereka meyakini daun satu ini bisa membuat nafas menjadi segar.

Daun Sirih

Orang-orang dulu biasanya memanfaatkan daun sirih untuk menjaga kesehatan gigi dengan cara dikunyah. Memang daun sirih memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi Jogja perihal manfaat daun sirih untuk gigi.

Kunyit

Kandungan kurkumin pada tanaman kunyit berfungsi sebagai antiinflamasi, jadi bisa meredakan pembengkakan gusi atau nyeri gigi akibat gigi berlubang. Lebih dari itu, kandungan ini juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki masalah dengan gigi sensitive.

Teh Hijau

Pada daun teh hijau terdapat kandungan polifenol jenis catechin yang sangat banyak dibandingkan daun teh biasanya. Kandungan tersebut adalah epigallocatechin gallate atau EGCG. Kandungan ini mempunyai sifat antiinflamasi, antibakteri dan antivirus, jadi sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Sebagaimana manfaat qusthul hindi yang baik untuk lambung, mengonsumsi teh hijau secara rutin juga diyakini bisa mencegah terbentuknya plak pada gigi. Selain itu, mulut juga bisa menjadi lebih segar.

Itulah beberapa alternatif tanaman yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga artikel bermanfaat. Untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami, Anda bisa mengunjungi website Suka Informasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s