Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet adalah metode penurunan berat badan yang sering dilakukan orang. Secara umum, wanita lebih sering diet karena tubuh mereka secara alami menghasilkan lebih banyak lemak daripada pria. Juga, masalah kepercayaan diri sering menjadi penyebabnya.

Kebanyakan orang menduga bahwa diet adalah pola makan dengan mengurangi porsi dan jenis makanannya. Padahal melakukan diet lebih dari kedua poin tersebut.

Pada dasarnya, kelebihan berat badan disebabkan oleh makan terlalu banyak kalori. Sementara kalori yang dikeluarkan tidak selalu sebanding dengan asupannya, lama kelamaan kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak.

Ilustrasi kelebihan berat badan. sumber: istockphoto.com
Ilustrasi kelebihan berat badan. sumber: istockphoto.com

Banyak orang cenderung mencoba berbagai diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Bahkan, tidak dianjurkan untuk mengikuti diet pelangsingan cepat. Selain diet ini tidak sehat, juga sulit untuk menerapkannya secara konsisten.

Salah satu cara menurunkan berat badan sekaligus tetap sehat adalah dengan menerapkan pola makan alami. Hasilnya memang tidak secepat diet ekstrem, pil diet, atau operasi sedot lemak, tetapi diet alami jauh lebih aman untuk kesehatan dan memungkinkan Anda mempertahankan berat badan ideal.

Seiring waktu, Anda mungkin merasa sulit untuk mempertahankan perubahan pola makan yang direkomendasikan selama diet.

Selain dapat menurunkan berat badan, metode diet alami juga mengajarkan Anda untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat melalui pola makan yang benar. Selain itu, cara ini juga bisa menyelamatkan Anda dari resiko berbagai penyakit berbahaya. 

Ingin memiliki berat badan ideal dan menjalani gaya hidup sehat? Simak cara diet yang sehat agar bisa bantu menurunkan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet memang ditujukan untuk kesehatan. Obesitas menjadi salah satu faktor di balik munculnya berbagai penyakit berbahaya. Misalnya penyakit jantung, darah tinggi, diabetes.

Diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan dan mencegah masalah kesehatan, tetapi juga untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, sebelum Anda memulai diet, ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis diet yang sesuai dengan kondisi fisik Anda.

Ilustrasi diet sehat yang berhasil menurunkan berat badan. sumber: istockphoto.com
Ilustrasi diet sehat yang berhasil menurunkan berat badan. sumber: istockphoto.com

Anda dapat membangun tubuh yang ideal dan sehat tanpa perlu metode penyiksaan dan membahayakan tubuh. 

Perubahan bertahap pada pola makan dan kebiasaan makan bisa menjadi solusi alami untuk menurunkan berat badan, namun di masyarakat saat ini, menjaga pola makan yang sehat tidak semudah kedengarannya. Salah satu strategi sebenarnya bisa menjadi bumerang bagi bobot. Rahasia diet yang sukses adalah tidak memaksa tubuh Anda menderita dan kelaparan. Berikut beberapa metode diet untuk pemula yang bisa Anda praktikkan mulai sekarang.

1. Menghitung kebutuhan kalori Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara terbaik untuk memulai diet sehat adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan kalori Anda. Berdasarkan berbagai faktor, dari usia hingga kesehatan, kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda.

Mengkonsumsi jumlah kalori yang tepat melalui makanan dan minuman memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, fungsi tubuh berjalan normal, mulai dari berpikir, memompa darah, hingga bernapas. Oleh karena itu, sebelum merancang diet untuk menjaga berat badan, kenali dulu kalori yang Anda butuhkan agar tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Ilustrasi mengatur kebutuhan kalori. sumber: istockphoto.com
Ilustrasi mengatur kebutuhan kalori. sumber: istockphoto.com

2. Atur Porsi Makan

Saat Anda sedang diet, bukan berarti Anda harus menghindari berbagai macam jenis makanan. Pasalnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, yang harus Anda lakukan adalah mengatur porsi makanan dengan baik.

Intinya, Anda perlu menyesuaikan porsi makan dengan prinsip gizi yang seimbang. Ingatlah untuk menghindari makanan berlemak dan tinggi karbohidrat saat makan malam untuk menghindari kenaikan berat badan secara tiba-tiba.

3. Membuat Jadwal Makan Yang Teratur

Banyak orang percaya bahwa melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Faktanya, hal ini tidak benar. Setiap waktu makan penting saat menjalani diet sehat.

Melewatkan waktu makan justru bisa membuat tubuh cepat merasa lapar, gula darah berayun liar, dan stres memuncak. Meningkatkan kualitas tidur juga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Jika ingin mengurangi porsi makan, cobalah membagi waktu makan 3 porsi besar menjadi 6 porsi kecil sepanjang hari, dengan tetap berpegang pada kebiasaan makan yang masuk akal. Selain itu, jangan lewatkan sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan serat. Hal ini akan membuat tubuh terasa kenyang lebih lama hingga makan siang.

4. Jangan Makan Terburu-buru

Saat Anda makan cepat, otak tidak bisa mengenali kapan perut Anda kenyang. Akibatnya, Anda makan lebih banyak dari biasanya. Dengan mengunyah perlahan dan menikmati setiap gigitan, otak punya waktu untuk mengenali tanda-tanda kenyang yang jelas.

5. Makan Jika Sudah Terasa Lapar

Tips makan sehat ini dirancang untuk mencegah tubuh menyimpan energi berlebih sebagai lemak. Alhasil, berat badan pun kembali naik. Jadi, mulai dengarkan perasaan lapar dan makan ketika isyarat fisik tersebut terjadi.

Ilustrasi makan tepat waktu. sumber: istockphoto.com
Ilustrasi makan tepat waktu. sumber: istockphoto.com

Jika tidak meyakinkan, cobalah untuk makan pagi dengan porsi yang banyak dan mengurangi porsi tersebut secara bertahap hingga makan malam. Ini bisa sulit pada awalnya. Tetapi ketika Anda dapat melakukan penyesuaian dari waktu ke waktu, ini adalah cara yang lebih aman untuk menurunkan berat badan.

Demikian adalah beberapa cara untuk diet sehat tanpa obat dan mencapai kesuksesan dengan cepat. Menurunkan berat badan bukan hanya tentang pola dan jenis makanan yang Anda makan. Gaya hidup sehat harus diikuti, termasuk mengkonsumsi teh campur madu. Mungkin hanya itu yang dapat kami uraikan, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda setelah membacanya, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s