4 Daerah Penghasil Produk Kulit di Indonesia

Kerajinan kulit merupakan salah satu produksi yang terkenal di Indonesia. Produk-produk seperti dompet, tas, sepatu dan lainnya yang terbuat dari kulit dengan tampilan yang berkualitas berasal dari berbagai daerah. Daerah yang mana di Indonesia yang menghasilkan produk kulit ini?

Proses membuat kulit menjadi bahan baku produk

Kulit yang baru diambil setelah sapi atau kambing disembelih dan dagingnya dimasak ternyata tidak dapat langsung dijadikan bahan pembuatan produk-produk kulit. Karena kulit-kulit ini masih “basah” atau rentan terhadap berbagai proses yang terjadi dilingkungan. Bahasa mudahnya, kulit yang masih “basah” ini akan rentan rusak dan membusuk karena masih merupakan bangkai atau sisa dari hewan.

Aleta Leather, sumber : wattpad
Aleta Leather Produsen Produk Kulit Jogja, sumber : wattpad

Agar menjadi bahan mentah yang tidak lagi bereaksi secara kimia maupun biologi dengan lingkungan, serta kuat, tahan lama dan dapat diolah menjadi berbagai produk, maka diperlukan proses yang disebut tanning dalam bahasa Inggris. Di Indonesia proses tanning ini disebut dengan proses penyamakan.

Ada beberapa metode tanning yang biasa digunakan untuk menyamak kulit. Penggolongan ini berdasarkan bahan penyamak yang digunakan. Beberapa jenis tanning dalam industri kulit penyamakan dengan mineral/logam (Mineral tanning, chrome tanning), penyamakan nabati (Vegetable Tanning), penyamakan sintetis (Synthetic Tanning), penyamakan minyak (Oil Tanning), penyamakan kombinasi (Combination Tanning).

Daerah penghasil produk kulit di Indonesia

Indonesia memiliki beberapa daerah yang terkenal sebagai produsen berbagai produk kulit. Meskipun sama-sama produk kulit, namun daerah ini memiliki spesialisasinya masing-masing. Berikut beberapa daerah penghasil produk kulit di Indonesia.

1. Yogyakarta

Biasanya Yogyakarta terkenal dengan berbagai produk batiknya. Namun bukan hanya itu, Yogyakarta juga terkenal akan produk-produk berbahan dasar kulit. Salah satu tempat untuk melihat berbagai produk kulit di Yogyakarta adalah Desa Manding. Desa yang terletak di Kabupaten Bantul ini sudah memproduksi berbagai produknya sejak tahun 1940an.

Di sini bisa ditemukan beragam kerajinan kulit seperti dompet, tas, sepatu hingga jaket. Kerajinan kulit Mading sempat menjadi lebih populer pada 1970an hingga 1980an. Kini terdapat sekitar 42 rumah produksi dan 48 showroom penjualan kerajinan kulit di Mading. Salah satu produsen yang dikenal di Jogja adalah Aleta Leather yang juga memproduksi paket seminar kit.

2. Garut

Industri kulit yang terdapat di Garut berada di Sukaregang. Usaha ini sudah dimulai sekitar tahun 70-an. Berkat Desa ini, Garut bisa dibilang adalah daerah penghasil produk kulit yang paling terkenal di Indonesia. Banyak produk jaket, sepatu, hingga tas kulit yang dihasilkan dari Garut.

Dengan kualitas yang bagus dan harga yang bersaing, produk kulit dari Sukaregang menjadi favorit masyarakat. Mayoritas pengrajin kulit di daerah ini menggunakan kulit asli, seperti kulit domba, sapi, dan kerbau, yang pemakaiannya disesuaikan untuk produk yang akan dibuat.

Produk Aleta Leather, sumber ig aleta_leather

3. Magetan

Industri kulit di Magetan mungkin merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Munculnya kerajinan kulit di daerah ini konon berlangsung sejak 1830, tepatnya saat Perang Diponegoro berakhir. Industri kulit Magetan mencapai kejayaannya pada tahun 1950-1960an.

Kini, terdapat sekitar 115 unit Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menghasilkan produk kulit di Jalan Sawo, Magetan. Industri kulit di Magetan mayoritas berlokasi di Lingkungan Industri Kulit (LIK) di Magetan Kota dan Ngariboyo. Di daerah ini dapat ditemukan berbagai produk kulit seperti sepatu, tas, jaket dan lain-lain.

4. Sidoarjo

Di Sidoarjo, yang terkenal menghasilkan berbagai produk kulit adalah Tanggulangin. Sekitar 100 pengrajin lokal di Tanggulangin mampu membuat ratusan hinga ribuan produk kulit dalam jangka waktu satu bulan. Produk kulit Tanggulangin nggak hanya diminati oleh masyarakat lokal, tapi juga oleh konsumen di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Produk yang ditawarkan di Tanggulangin juga beragam, mulai dari sandal, dompet, hingga koper berbahan kulit. Konsumen bisa mendapatkan produk-produk kulit dengan kualitas dan keawetan yang baik di Tanggulangin mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta.

Itu dia empat daerah terkenal yang menghasilkan produk kulit di Indonesia. Semoga menjadi wawasan menarik untuk Anda. Simak berbagai informasi lainnya di halaman Suka Informasi.

Published by jasa bangun rumah

Jasa Bangun Rumah hadir untuk membantu Anda mendapatkan rumah yang nyaman, berkualitas tinggi, dan cepat dalam prosesnya. Anda dan keluarga Anda bisa fokus mengisi kebahagiaan di rumah sesegera mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: