Meraup Untung Melalui Bisnis Persewaan Pakaian Adat

Bisnis pakaian memang tiada matinya. Bahkan ketika bisnis yang lain mengalami penurunan, bisnis pakaian masih tetap eksis. Hal ini dikarenakan pakaian adalah kebutuhan dasar manusia. Salah satu bisnis pakaian yang sering kita temukan adalah bisnis persewaan pakaian adat.

Pakaian jawa. Sumber Flickr

Tidak seperti bisnis pakaian lainnya seperti konveksi seragam, distro ataupun butik yang rata-rata bergerak dalam bidang produksi dan penjualan, bisnis persewaan pakaian adat hanya memerlukan modal berupa pakaian adat dengan koleksi yang lengkap. Mengapa bisnis persewaan pakaian adat semakin diminati? Berikut ini kan diulas mengenai serba-serb bisnis persewaan pakaian adat.

Pangsa Pasar Jelas

Yang menjadi keunggulan dari bisnis ini adalah pangsa pasar yang sudah jelas. Selain dibutuhkan pada acara resmi seperti pernikahan atau upacara pada perayaan hari nasional, pakaian adat juga sering disewa pada meomen khusus seperti perlombaan. Karena itu dengan menyewakan pakaian adat, meskipun kebutuhan akan pakaian adat tidak setiap hari namun selalu dibutuhkan.

Terutama pada kalangan anak sekolah baik yang masih TK atau tingkat SMA. Biasanya pada perayaan Hari Kartini atau perayaan tertentu akan banyak yang menyewa pakaian adat. Anda bisa melakukan survey disektar anda, apakah banyak jasa persewaan pakaian adat. Jika belum banyak anda bisa memulai bisnis ini segera. Jika sudah ada saingannya maka anda perlu melakukan improvisasi untuk bisnis anda.

Anda bisa membandrol harga dengan lebih murah, atau memberikan harga khusus untuk yang menyewa dalam jumlah banyak. Semua peluang dalam bisnis bisa dilakukan.

Semakin Banyak Koleksinya Semakin Bagus

Rata-rata pada bisnis persewaan pakaian adat, para pelaku bisnis ini hanya menyediakan pakaian khas daerah masing-masing seperti adat Jogja atau Solo. Anda bisa melakukan hal yang berbeda. Anda bisa menyediakan pakaian adat yang memiliki kemiripan dengan pakaian adat setempat.

Seperti pakaian adat betawi, minangkabau dan sebagainya. Selain itu anda bisa memperbanyak koleksi yang sama, rtinya menyediakan setelan seragam pakaian adat. Biasanya pakaian ini bigunakan pada acara pernikahan atau acara adat lainnya.

Semakin banyak anda memiliki stok, maka pada waktu tertentu anda akan meraup keuntungan yang banyak. Seperti ketika pada acara peringatan hari kartini, tidak jarang salon atau persewaan pakaian adat kehabisan stok karena banyak orang menyewa di waktu yang bersamaan.

Tidak Mengenal Ketertinggalan

Bisnis ini tentu sangat berbeda dengan bisnis pakaian lainnya. Bisnis oakaian biasanya akan mengejar ketertinggalan mode. Maka jika anda memiliki pakaian dengan model kuno untuk disewakan selain pakaian adat, mungkin orang tidak akan meliri pakaian yang anda sewakan.

Namun untuk menyewakan pakaian adat, anda tidak perlu mengejar ketertinggalan mode. Pakaian adat dari duu sampai sekarang modelnya tetap sama. Sehingga pakaian adat tidak perlu dicarikan model terbaru. Selama pakaian masih layak untuk disewakan maka pakaian bisa disewakan.

Dapat Mengembangkan Bisnis Lain

Selain layanan persewaan pakaian adat, anda bisa mengembangkan bisnis lainnya yang memiliki keterkaitan dengan bisnis persewaan pakaian adat. Bisnis lainnya yang bisa anda jalankan adalah bisnis tata rias pengantin dan juga bisnis yang berhubungan dengan pernikahan.

Sebagian besar perusahaan event organiser pada mulanya memulai usahanya dari salah satu cabang bisnis rintisan seperti tata rias pengantin. Dari bisnis tersebut bisa berkembang menjadi jasa katering, sewa sound system dan berkembang lebih besar dengan membuat event organizer yang mengampu semuanya.

Pakaian adat banjar masa lalu sama dengan saat ini

Itulah ulasan mengenai bisnis persewaan pakaian adat. Keberadaan bisnis ini tidak lepas dari kebijakan dari sebagian pemerintah daerah di Indonesia yang mewajibkan penggunakan pakaian daerah pada hari tertentu. Selain itu antusiasme masyarakat dalam mempenringati hari besar nasional dan juga daerah menjadi peluang bagi wiraswastawan yang bergerak dalam jasa persewaan pakaian adat.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita, dan jangan lupa membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Silahkan baca artikel kami lainnya tentang daerah penghasil produk kulit di Indonesia. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: