Jual Beli Online Di Media Sosial

Salah satu fenomena sebuah hubungan manusia dalam interaksi sosial masyarakat dalam bidang ekonomi adalah transaksi jual beli yang menggunakan media elektronik, perkembangan teknologi ini telah memicu perubahan kebiasaan individu termasuk salah satunya dalam hal melakukan transaksi jual beli. Apabila dahulu yang dimaksudkan dengan transaksi jual beli harus dilakukan dengan cara bertatap muka dimana terjadi peralihan barang secara langsung dari penjual kepada pembeli, yaitu pembelian harus bertemu dengan penjual di pasar.

Saat ini telah beralih kepada era dimana transaksi tidak lagi dilakukan secara tatap muka tetapi dengan media sosial. Di era perkembangan 4.0 saat ini tingkat kemajuan telah memberikan kemudahan bagi pengguna media sosial dalam berbagai bidang. Tidak hanya memanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi,namun saat ini para pengguna dapat memanfaatkan dalam bidang perniagaan jual beli di media sosial. Maka saat ini kita dibantu dengan bantuan teknologi kemudahan bertransaksi dapat diwujudkan.

Dalam transaksi jual beli di media sosial, penjual dan pembeli tidak bertemu langsung dalam satu tempat melainkan melalui dunia maya. Adapun yang menjadi objek jual beli online tidak berbeda dengan transaksi jual beli secara konvensional. Yaitu dengan pelaku usaha selaku penjual yang menjual barangnya dan pembeli sebagai konsumen yang membayar harga barang. Di dalam media sosial situs jual bel online proses transaksi yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan proses transaksi yang kita lakukan di toko biasa. 

Gambar kegiatan jual beli online sumber clodeo.com

Jika di toko dilayani dengan manusia sedangkan situs jual beli online dilayani oleh mesin. Transaksi pada toko. Situs belanja online di media sosial memiliki fungsi untuk melakukan transaksi penjualan langsung di internet. Transaksi pada toko online tersebut menggunakan aplikasi yang dibuat sedemikian rupa pada situs belanja online tersebut. Hal inilah yang akhirnya menarik pelaku bisnis dan juga digunakan sebagai alat pemasaran interaktif, pelayanan, membangun komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan serta digunakan sebagai alat untuk menjual dan membeli produk secara online di media sosial.

Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, sosial media atau jejaring sosial Sosial media adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial. Blog, jejaring sosial media dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jual Beli online melalui media sosial yaitu dengan instagram, whatsapp, facebook, twitter dan lain-lain bahkan sudah menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat. Jual beli online di media sosial telah merasuk di jiwa orang-orang yang telah mengenal media elektronik.

Gambar media sosial sumber belifollowers.com

Pemanfaatan Media Sosial berdasarkan Responden

Kita tahu bahwa aktivitas jual beli produk yang diinginkan bisa jadi lebih mudah dan lebih praktis jika dilakukan lewat Internet. KIni dengan hadirnya media sosial aktivitas jual beli lebih mudah. anda bisa mencari barang yang sesuai anda inginkan, berkomunikasi dengan pihak-pihak lain untuk mendapatkan referensi lebih detail dan sekaligus mengambil keputusan untuk melakukan jual beli. Sampai saat ini pihak penjual dan pembeli terikat sangat nyaman tertarik masuk ke dalam media-media sosial tertentu.

Hampir semua pengguna smartphone menggunakan media sosial untuk menyatakan mereka menemukan produk yang sesuai dengan keperluan mereka di media sosial. Bahkan hampir semua pengguna smartphone melakukan transaksi jual beli melalui media sosial. Dengan begitu pengguna media sosial menghabiskan lebih dari separuh waktunya di media sosial dengan menggunakan instagram dan facebooknya untuk pembelian secara online. Hal ini dapat membeli lebih dari satu produk dan dapat menggunakan lebih dari satu macam sosial media.

Jumlah Responden yang membeli karena penggunaan Facebook dan Instagram mendominasi pembelian hampir semua kategori produk, kekecualian hanya terjadi untuk pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari, dimana terbanyak dikarenakan pengguna situs media sosial ini. Suatu hal menarik yang ditemukan adalah bahwa situs di media sosial belum cukup populer di kalangan masyarakat pengguna media sosial di Indonesia untuk jual beli.

Mayoritas responden tertarik berbelanja online melalui media sosial karena lebih mudah diakses, dan responden yang tertarik berbelanja online melalui sosial media memang sangat banyak digemari. Selain karena lebih mudah diakses jual beli online juga dipilih untuk saran berbelanja karena terdapat berbagai macam jenis online shop yang menginginkan dan juga lebih menarik karena ada berbagai macam produk yang baru yang ditawarkan di online shop tersebut.

Gambar market place facebookqazwa.id

Jual Beli Online

Jual beli online merupakan salah satu jenis transaksi yang menggunakan media internet dalam penjualan mampu pembeliannya, pada saat ini yang paling banyak dilakukan adalah berbasis media sosial seperti twitter, facebook dan instagram. Saat ini jual beli online merupakan salah satu bentuk jenis transaksi yang banyak dipergunakan dalam media sosial. Potensi jual beli online di dunia maya memiliki potensi yang cukup  besar, dimana situs internet kaskus mengklaim bahwa jumlah transaksi mencapai.

Belu, lagi para pelaku jual beli online melalui media saat ini menjadi media paling ampuh untuk dijadikan media pemasaran. Saat ini jual beli online merupakan salah satu bentuk jenis transaksi yang banyak dipergunakan dalam sosial media. Potensi jual beli online di dunia maya memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa data perusahaan penyedia situs jual beli online, dimana situs internet kaskus mengklaim jumlah transaksi mencapai sekitar Rp 578 Miliar per bulan. Belum lagi para pelaku jual beli online melalui sosial media yang saat ini menjadi media paling ampuh untuk dijadikan media pemasaran.

Gambar belanja online sumber futureloka.com

Demikian artikel diatas semoga dapat membantu anda dalam jual beli di media sosial. Dengan begitu anda harus membuat toko online agar para pembeli dapat mengetahui produk apa yang akan ada perjual belikan di media sosia secara online. Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s