Manfaat Kacang Arab yang Baik Untuk Kesehatan

Jika mencari oleh-oleh haji, apa camilan favorit Anda? Salah satu camilan khas dan menyehatkan yang sering dibawa pulang setelah melaksanakan ibadah haji adalah kacang arab. Di tanah suci, makanan ini sudah biasa dijadikan makanan sehari-hari, namun berbeda dengan di Indonesia.

Jenis kacang yang satu ini jarang dilihat di Indonesia bahkan jarang disajikan dalam bentuk makanan. Padahal kacang arab memiliki sejumlah kebaikan terutama untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat kacang arab untuk kesehatan dan nutrisi tubuh?

Kacang Arab, sumber : Kitchen of Indonesia

1. Tinggi Kandungan Protein

Kacang arab adalah sumber protein yang sangat baik. Bahkan kandungan protein dalam kacang ini lebih banyak dibandingkan kandungan protein pada dua telur besar. Namun, protein dalam kacang ini tidak “lengkap” karena bukan termasuk makanan hewani, sehingga tidak mengandung asam amino esensial. Meski begitu, Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan asam amino dengan mengonsumsi sumber protein lain, seperti telur, susu, daging, biji-bijian dan sayuran, sepanjang hari.

Bagi Anda yang seorang vegetarian, konsumsilah kacang ini sebagai pengganti asupan protein dari hewani. Sebab kacang arab adalah sumber protein yang baik dan tidak menambah kalori serta lemak tak jenuh di dalam tubuh Anda.

2. Kaya Serat

Jenis kacang ini mengandung serat larut dan tidak larut di dalamnya. Serat larut bermanfaat untuk membantu mengontrol kesehatan empedu dan serat tidak larut mampu meningkatkan kesehatan dan kebersihan pencernaan. Itu sebabnya, mengonsumsi kacang ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan sebab mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, kacang arab juga bisa membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kelancaran sistem saluran pencernaan.

3. Mengandung Mangan

Mangan adalah jenis mineral yang membantu produksi energi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi secangkir kacang arab sekitar 2–3 kali dalam seminggu mampu membuat Anda selalu berenergi.

4. Kaya Zat Besi

Kandungan zat besi di dalam kacang arab diperlukan sebagai suplemen alami bagi wanita yang sedang menstruasi, hamil, dan menyusui. Zat besi ini juga mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh Anda agar selalu sehat.

5. Baik Untuk Jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B-6 yang tinggi dalam kacang arab mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Kandungan serat yang kaya juga membantu menurunkan jumlah kolesterol total dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Bahkan, dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4.069 miligram potassium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi potassium yang lebih sedikit (sekitar 1.000 mg per hari).

6. Meredakan Peradangan

Kandungan kolin dalam kacang ini membantu Anda untuk memperbaiki gangguan tidur, fleksibilitas gerakan otot, dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan kolin dalam kacang ini juga membantu menjaga struktur membran seluler, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis.

Kacang Arab, sumber Uzone.id

7. Menstabilkan Gula Darah

Serat larut yang terkandung di dalam kacang arab mampu membantu menjaga gula darah Anda agar selalu stabil. Oleh karena itu, kacang ini baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menderita diabetes. Studi telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah. Sedangkan untuk orang dengan diabetes tipe 2, asupan serat yang lebih tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah, lipid, dan insulin.

8. Baik Untuk Tulang

Zat besi, fosfat, kalsium, magnesium, mangan, seng, dan vitamin K dalam kacang arab berperan untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang. Vitamin K memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan tulang yang baik karena meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin. Itu sebabnya, asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Itu dia beberapa manfaat kacang arab untuk kesehatan dan nutrisi tubuh. Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi untuk Anda. Silahkan like, share dan berikan komentar Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s