Tips Untuk Memilih Jasa Ekspedisi Yang Harus Anda Ketahui

Jasa ekspedisi adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman barang. Dan dalam ketentuan ini setiap pelanggan diharuskan membayar ongkos kirim sesuai dengan tujuan barang yang akan dikirim.

Usaha pengiriman barang pada dasarnya menjadi usaha yang sudah ada sejak lama. Namun, sejak berkembangnya teknologi yang pesat terutama pada industri e-commerce untuk peran pebisnis ekspedisi mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Dan hal ini tidak lepas dari peran penting yang dipegang oleh usaha ini dalam mengantarkan barang yang diperjualbelikan melalui internet. Nah, dengan menggunakan jasa ekspedisi ini menjadi salah satu solusi praktis bagi para pelaku bisnis perdagangan dalam menjual sebuah barang atau produk dengan jangkauan yang luas. 

Beberapa Tips Untuk Memilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Bisnis online menjadi salah satu jenis usaha yang banyak diminati orang. Hal ini dapat terjadi karena melalui bisnis online ini modal yang harus dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan berbisnis secara offline atau berjualan di toko fisik.

Tidak hanya itu dalam penjualan online ini jangkauannya akan lebih luas dan menyebar ke berbagai daerah. Dan yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis online adalah masalah pengiriman barang.

Bisnis online dengan jasa pengiriman barang, sumber: blog.anteraja.id
Bisnis online dengan jasa pengiriman barang, sumber: blog.anteraja.id

Anda harus dapat memastikan bahwa produk yang anda jual sampai ke tangan pembeli dengan aman, cepat, dan efisien. Maka dari itu, anda harus memiliki jasa ekspedisi yang dapat mengirim produk anda ke konsumen dengan aman dan cepat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips dalam memilih jasa ekspedisi yang sesuai dengan keinginan anda, diantaranya:

1. Pilihlah jasa ekspedisi tercepat

Untuk memilih jasa pengiriman barang tentunya ketepatan waktu dalam pengantaran menjadi salah satu kriteria yang paling utama. Sebab, saat membeli barang online konsumen tersebut pastinya ingin barang yang dibeli segera bisa diterima.

Maka dari itu, semakin cepat dari pengiriman barang ke pembeli semakin tinggi pula tingkat kepuasan konsumen. Jasa pengiriman barang yang sudah profesional tentunya akan menjamin pengiriman sehingga keterlambatan juga bisa dihindari.

Anda bisa memilih Jasa Angkut Jogja yang menawarkan jasa pengiriman di hari yang sama sehingga pelanggan pun tidak akan berlama-lama menunggu barang yang mereka pesan.

2. Pilihlah jasa ekspedisi murah

Dalam memilih jasa ekspedisi murah ini anda harus bisa menentukan rincian tarif pengiriman. Saat ini banyak jasa pengiriman barang yang menawarkan berbagai tarif murah. Namun, masalahnya harga tarif murah ini yang ditawarkan akan sebanding dengan pelayanan atau tidak.

Untuk itu disini anda juga harus bisa bijak dalam menentukannya. Dan anda pastikan jasa ekspedisi tersebut memiliki ongkos kirim yang jelas. Anda bisa melihat informasi detail berapa biaya pengiriman langsung dari website resminya. 

3. Pilihlah jasa pengirim barang yang beragam

Untuk menentukan sebaiknya anda memilih jasa ekspedisi yang mempunyai layanan beragam, seperti layanan pengiriman dengan jalur darat, laut, maupun udara. Dengan layanan yang beragam ini nanti bisa mempermudah dalam pengiriman, terutama ketika saat terjadi suatu gangguan.

Jasa ekspedisi yang beragam, sumber: www.bambideal.id
Jasa ekspedisi yang beragam, sumber: bambideal.id

Misalnya saat pengiriman barang dengan menggunakan jalur laut dan terjadi kendala karena cuaca yang buruk, sehingga proses pengiriman barang tersebut tertunda. Maka dengan layanan yang beragam sangat dimungkinkan pengiriman ini bisa dilakukan dengan layanan transportasi lainnya. 

4. Pilihlah jasa pengirim barang dengan jaminan keamanan

Memang dalam masalah pengiriman barang tentu memiliki produk yang berbeda-beda, mulai dari barang yang besar hingga kecil. Dan apabila anda menjual barang-barang yang mudah terjadi kerusakan, seperti kaca, barang elektronik, furniture, dan lain sebagainya.

Sebaiknya anda harus memilih  jasa pengiriman barang yang memiliki layanan yang dapat menjamin keamanan agar barang yang akan dikirim ke konsumen tidak terjadi kerusakan. Jadi masalah keamanan dalam pengemasan atau packaging ini sangat diperhatikan.

Karena untuk menghindari barang rusak dan menghindarkan konsumen kecewa sebab barang rusak. Untuk itu anda harus bisa mencari jasa ekspedisi yang menawarkan jaminan keamanan barang atau fitur khusus untuk menjaga barang anda.

5. Pilihlah jasa pengirim barang yang memiliki layanan asuransi

Tidak hanya saat membeli apartemen saja layanan asuransi ini diberlakukan. Dalam hal pengiriman barang pun layanan ini ada. Jadi layanan asuransi dalam pengiriman barang adalah sebuah layanan yang memberikan jaminan dan perlindungan finansial atas kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman.

Pengiriman barang dengan layanan asuransi, sumber: www.goodscoop.id
Pengiriman barang dengan layanan asuransi, sumber: goodscoop.id

Resiko tersebut bisa diantisipasi dengan klaim asuransi dari jasa ekspedisinya. Ketika barang mengalami kerusakan atau hilang, maka pihak ekspedisi harus bersedia dan tanggung jawab untuk melakukan ganti rugi. Layanan ini biasanya digunakan untuk yang ingin mengirim barang, baik itu saat berjualan online atau menjalankan bisnis dengan skala besar. 

6. Pilihlah jasa pengirim barang yang menyediakan fitur tracking

Untuk menjamin keamanan pengiriman barang anda bisa memilih jasa ekspedisi yang memungkinkan anda dapat melacak saat proses pengirimannya. Dalam pengiriman barang yang memiliki jarak jauh dan membutuhkan waktu berhari-hari, maka anda akan membutuhkan fitur tracking ini.

Sebab dengan menggunakan fitur ini, saat barang yang akan dikirim ke konsumen telah benar-benar dalam proses perjalanan dan dapat mengetahui dimana posisi barang pesanan berada.

Anda cukup hanya memasukkan nomor resi pengiriman ke menu pelacakan yang tersedia di website. Kemudian anda dapat memantau keberadaan barang dengan detail mengenai informasi yang disediakan oleh pihak jasa ekspedisi. 

Demikian artikel yang membahas beberapa tips untuk memilih jasa ekspedisi yang harus anda ketahui agar tidak salah dalam menentukannya. Dalam berbisnis online kemudian menggunakan jasa ekspedisi sebagai layanan pengirimannya ini tentu keduanya memiliki hubungan simbiosis mutualisme.

Karena sebagai pelaku bisnis online bisa dimudahkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan sebagai jasa pengirim barang pun diuntungkan dengan pemasukan yang mereka dapatkan. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s