Berwisata ke Pantai Baron Dengan Aktivitas Yang Menarik

Gunungkidul merupakan dataran tinggi tandus yang tidak begitu dikenal di kalangan masyarakat, apalagi wisatawan. Kabupaten ini ramai dikunjungi wisatawan ketika dibuka beberapa destinasi wisata pantai. Wisata pantai paling populer di Jogja saat ini adalah wisata pantai di kabupaten Gunugkidul.

Berbagai type pantai ada di Gunungkidul. Mulai dari patai berpasir putih dan landai seperti pantai Indrayanti. Atau pantai terjal seperti pantai Kesirat. Masing-masing pantai ini memiliki keunggulan tersendiri.Salah satunya adalah pantai Baron.

Pantai Generasi Awal

Pantai baron merupakan pantai yang di gunakan untuk berwisata dan dikenalkan pada tahap awal pariwisata Gunungkidul. Pantai Baron berlokasi di kecamatan Tanjungsari dan berdekatan dengan beberapa pantai lainnya yang juga dijadikan destinasi wisata.

Saat ini daerah yang dulunya gersang, tandus dan sering kekurangan air bertransformasi menjadi kabupaten dengan wisata pantai terbaik di Jogja dan seandarnya. Semakin pesatnya perkembangan pariwisata maka berbagai peyedia paket wisata Jogja juga mempromosikan pantai di Gunungkidul. Dan hal ini didukung dengan semakin majunya arus informasi maka keberadaan beberapa pantai di Gunungkidul semakin populer.

Akses ke Pantai Baron

Akses ke pantai Baron meskipun jauh dari pusat Kota Jogja seandar 40 km akan tetapi jalur menuju ke sana sangat bagus. Jalan aspal menuju destinasi wisata ini sudah halus dan juga pemandangan kiri kanan yang berupa pegunungan menambah asyik perjalanan berwisata ke pantai Baron.

Akan menjadi lebih indah jika perjalanan berwisata ke pantai Baron dilakukan saat musim penghujan karena jika musim kemarau perbuandan tidak hijau. Karena tidak tersedianya transportasi umum maka disarankan ketika anda mengunjungi pantai Baron menggunakan mobil rental yang bisa anda dapatkan di penyedia jasa rental mobil Jogja.

Mandi Air Tawar

Terdapat aliran sungai air tawar bawah tanah di sisi kanan pantai. Aliran sungai bawah tanah itu menuju ke laut. Sehingga anda bisa mandi di air tawar ataupun air laut. Dengan deburan ombak yang tidak begitu kencang karena pantai Baron berada pada cekungan teluk.

Noassanya pada bagian aliran air tawar inilah terdapat anak-anak yang mandi dan bermain air. Selain arusnya tidak begitu kuat, di area ini air lebih segar dan terdapat berbagai satwa laut seperti kepiting, jingkeng dan ikan kecil yang bisa ditangkap.

Menyewa Perahu

Menyewa perahu secara rombongan untuk sekedar berkeliling mengitari teluk kecil yang terdapat di pantai tersebut sungguh sangat mengasyikkan. Teluk itulah yang dijadikan tempat berlabuhnya perahu tradisional milik masyarakat yang bekerja sebagai nelayan.

Nelayan pantai Baron akan berlayar di malam hari dengan mengandalka angin darat yang berhembus ke laut. Sehingga di siang harinya kapal-kapal nelayan digunakan untuk keperluan wisata. Dengan demikian para nelayan akan memperoleh penghasilan tambahan dari sektor wisata.

Belanja Tangkapan laut

Selain memiliki pasir pantai yang halus, terdapat tempat pelelangan ikan yang menyediakan berbagai ikan laut dan cumi. Bagi pecinta seafood pasti cocok berwisata ke pantai Baron. Karena disana terdapat berbagai olahan ikan air laut yang bisa dibeli.

Membeli Hasil Panen Masyarakat

Pantai Baron juga merupakan tempat menjualnya hasil panen masyarkat seandar, berupa hasil panen dari hasil pertanian dan perkebunan seperti buah-buahan dan palawija. Dengan keberadaan patai sebagai destinasi wisata akan sangat menunjang kelangsungan hidup masyarakat yang bekerja pada sektor pertania dan kelautan.

Berwisata ke Pantai Baron
Perahu nelayan Pantai Baron. Sumber IG @bywardhana

Tentu saja hal ini sangat menggembirakan dan sejalan dengan semboyan pembangunan ekonomi di Yogyakarta yaitu ‘ Among tani dagang layar’ dimana kelautan dan pertanian menjadi senjata utama dalam membangun perekonomian masyarakat pedesaan.

Itulah ulasan mengenai pantai Baron. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan berwisata ke Pantau Baron. Sangat banyak hal yang masih belum diulas pada artikel ini. Anda bisa menemukannya disana. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang kreativitas industri wisata Komodo. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: