Pantai Nglambor Gunungkidul Spot Snorkeling di Jogja

Pantai Ngla,bor Gunungkidul mungkin menjadi satu-satunya spot snorkeling favorit di Jogja mengingat keadaan pantai selatan Jogja yang berombak besar. Memang sebagian besar pantai di Jogja berombak besar sehingga tidak memungkinkan untuk berenang atau menyelam. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi pantai Nglambor yang menjadi salah satu tujuan wisata turis asing pada paket Yogyakarta tours. Kok bisa? Simak ulasannya !

Penemuan Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Gunung Kidul dahulunya hanya empat mengandangkan kambing kelompok milik warga yang dijaga oleh dua penjaga kandang kambing dan gudang penyimpanan hasil panen agar tidak dicuri oleh segerombolan monyet. Di kawasan panti tersebut memang banyak sekali terdapat monyet liar.

Sampai datanglah rombongan anak muda yang menjelajah tempat tersebut. Mereka menemukan potensi yang tersembunyi yang tersimpan di Patai Nglambor Gunungkidul. Seiring berjalannya waktu, pantai Nglambor berkembang menjadi salah satu tempat wisata andalan di Gunungkidul bersama deretan pantai indah lainnya.

Wahana Snorkeling

Tempat ini cocok untuk kegiatan snorkeling karena memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Pantai Nglambor Gunungkidul berombak besar, akan tetapi di pantai ini terdapat pulau karang yang berada di tengah laut sehingga wisayawan yang melakukan snorkeling tidak tersapu ombak secara langsung. Pulau karang ini memiliki fungsi untuk meredam ombak laut yang ganas.

Adanya jembatan gantung penghubung antara pulau karang yang ada di tengah laut dengan daratan menambah poin tersendiri dari wisata Pantai Nglambor. Sehingga anda bisa menikmati deru ombak di tengah pulau karang tanpa harus susah payah berenang.

Masyarakat di sekitar Pantai Nglambor tetap menjaga keindahan dan keaslian alam yang ada dengan tidak merusak biota-biota laut yang ada. Selain itu pengelola pantai Nglambor menjaga keselamatan pengunjung yang akan melakukan snorkeling dengan berbagai panduan dan penjagaan. Selain snorkeling anda juga dapat sekedar bersantai di pinggir pantai atau anda juga dapat trekking menyusuri bukit-bukit yang ada di sekitaran Pantai Nglambor.

Viral Sosial Media

Keberadaan sosial media di Indonesia secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan kemajuan wisata. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya postingan di destinasi wisata di Jogja yang di lakukan oleh pengunjung menjadikan ajang proosi gratis.

Karena penyebaran informasi itulah pengunjung destinasi wisata menjadi semakin bertambah termasuk pengunjung pantai Nglambor Gunungkidul. Tampaknya gejala baik ini hrus dibarengi dengan upaya pembangunan fasilitas penunjang pariwisata agar pariwisata tetap maju dan selalu eksis.

Lokasi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Karena lokasinya lumayan jauh dari kota maka sebaiknya jika mengunjungi destinasi wisata ini menggunakan jasa rental mobil agar sekalian bisa berkunjung ke pantai lainnya termasuk menikmati wisata pantai Baron.

Akses jalan menuju Pantai Nglambor adalah seperti halnya menuju pantai di Gunungkidul lainnya. Dengan pemandangan perbukitan kapur dan tanah yang cenderung gersang, sebaiknya untuk mendatangi destinasi wisata Gunungkidul di lakukan pada saat musim penghujan agar dapat melihat suasana hijau pegunungan. Sebenarnya untuk wisata perbukitan kering sudah ada di Jogja yakni wisata Tebing Breksi yang berupa tebing batu breksi yang kering.

Pantai Nglambor. Sumber Pantainesia

Sampai saat ini pantai Nglambor yang dulunya merupakan pantai yang sepi dan tersembunyi dan jarang sekali orang mendatanginya sekarang menjadi salah satu wisata andalan kabupaten Gunungkidul. Mungkin masih banyak tempat eksotis tersembunyi di garis pantai selatan pulau Jawa yang berpotensi untuk di jadikan destinasi wisata, hanya mungkin belum ditemukan atau belum diketahui potensi wisatanya.

Itulah ulasan mengenai Pantai Nglambor yang ada di Gunungkidul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Jangan lupa membaca artikel lainnya tentang kreatifitas industri wisata yang ada dalam blog sederhana ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: