Pembagian Ruang Rumah Joglo Yang Unik

Joglo merupakan rumah adat yang populer di Indonesia karena bangunan ini ada di mayoritas daerah di pulau Jawa yang merupakan pulau terpadat di Indonesia. Bangunan Joglo jika anda mengamatinya cukup unik, mulai dari pembagian ruang rumah Joglo sampai struktur bangunannya. Seperti halnya tradisi unik di Sumatra Barat dalam membangun rumah, untuk membangun rumah Joglo terkadang juga diperlukan semacam upacara membangun rumah.

Mungkin saat ini sudah jarang sekali ada rumah Joglo yang memiliki bagian bagian yang lengkap. Biasanya dalam membangun Joglo untuk saat ini hanya membangun pendoponya saja. Hal ini dikarenakan bangunan Joglo dirasa tidak praktis. Inilah u;asan mengenai pembagian ruang rumah Joglo.

Pembagian Ruang Rumah Joglo

Pendopo Merupakan Bagian Rumah Joglo Paling Depan

Kantor pemerintahan di daerah Jogja bisa dipastikan di bagian depan kantor terdapat bangunan pendopo. Bangunan inilah yang menampilkan bangunan Joglo secara keseluruhan. Artinya, sekedar membangun pendopo saja saat ini orang sudah menyebutnya Joglo. Pendopo ini digunakan sebagai penerima tamu baik karena itu letaknya di depan.

Upacara adat seperti upacara daur hidup adat Islam seperti acara aqiqah, selametan dan beragam upacara lainnya dilaksanakan di tempat ini. Pendopo memiliki atap byang agak tinggi dengan tanpa tembok dan hanya berupa tiang dan atap saja. Biasanya pada bagian lantai dibuat bersih karena di pendopo tidak akan ditemukan kursi tamu. Namun saat ini, terutama di bangunan resmi pemerintah sudah ada seperangkat kursi tamu di bagian pendopo.

Pringgitan Sebagai Ruang Tamu

Di pringgitan akan ditemukan meja dan kursi tidak seperti di pendopo meskipun memiliki fungsi sama yakni menerima tamu. Pada bagian ini merupakan batas antara Pendopo yang merupakan bagunan luar dan Dalem yang merupakan bangunan utama dari bangunan Joglo. Batas antara pringgitan dengan pendopo akan dibatasi dengan sekat atau slintru yakni berupa sekat kayu yang bisa di geser.

Batas antara pringgitan dengan rumah dalem akan dibatasi oleh gebyok yaitu sekat permanen yang menggunakan kayu keseluruhan. Pada bagian inilah yang memperlihatkan mahalnya bangunan Joglo karena biasanya terlihat kayu jati berukir. Gebyok inilah yang biasanya diadopsi desainnya untuk dijadikan sebagai background panggung pengantin.

Dalem Sebagai Ruang Keluarga

Sesuai dengan namanya Dalem adalah bagian rumah Joglo yang ada di dalam. Karena itu setiap orang terutama bukan anggota keluarga tidak boleh masuk pada bagian rumah ini kecuali atas ijin dari pemilik rumah. Bangunan dalem biasanya digunakan sebagai ruang keluarga dan untuk bersantai bersama keluarga.

Senthong atau Kamar

Pada jaman dahulu kamar ini juga digunakan untuk menyendiri atau nenepi selain itu bangunan ini juga difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang pusaka seperti keris dan juga penyimpanan benda berharga lainnya seperti perhiasan. Pada masa lalu meskipun sebagai anggota keluarga terkadang tidak diperkenankan untuk memasuki senthong terutama sentthong yang digunakan sebagai tempat benda pusaka. Karena itulah begian bangunan ini terlesan angker, seram dan gelap.

Gandok Ruang Serbaguna

Bangunan gandok biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan seperti beras, palawija dan hasil panen lainnya dan berbagai peralatan. Namun sebenarnya gandok merupakan bangunan yang bisa multifungsi tidak hanya sebagai tempat menyimpanan saja. Sehingga penggunaannya bisa fleksibel.

Demikian artikel tentang pembagian ruang rumah Joglo yang unik. Dibangunnya rumah Joglo memang pada masa lampau mengandung banyak arti yang tersirat. Karena itulah dalam pembangunannya membutuhkan waktu yang lama. Bahkan sebagian perlu melakukan kegiatan laku prihatin untuk sekedar membangun rumah.

Joglo Modern

Namun saat ini jaman sudah berubah. Semua serba cepat dan efisiensi sangat diperlukan. Karena itu beberapa penyedia jasa bangun rumah di Jogja memberikan pelayanan pembangunan rumah dengan durasi pembangunan yang singkat. Adanya teknologi rumah pracetak memudahkan pembangunan rumah dan tentu jaminan keamanan juga terpenihi meskipun dibangun dalam tempo singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: