Taman Wisata Pusuk Sembalun yang Mempesona

Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig zayazook

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini berlokasikan di Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Lombok. Untuk sampai ke lokasi Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan dengan jarak sekitar 80 km dari pusat Kota Mataram.

Kawasan Wisata Pusuk Sembalun merupakan wilayah dataran tinggi, yakni sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut. Taman wisata ini menawarkan landscape pemandangan Desa Sembalun dari ketinggian dan terlihat juga gunung rinjani dengan jelas.

Selain itu, taman wisata yang satu ini menawarkan udara yang sangat segar dengan keindahan alam yang masih sangat rimbun. Nuansa yang dihadirkan di kawasan ini pun sangat alami dan permai. Sangat cocok unutk Anda yang ingin merefreshkan pikirin yang sedang kekutat dengan kegiatan rutinitas keseharian.

Kawasan yang tinggi sangat identik dengan suhu udara yang begitu rendah dan sangat dingin. Bahkan, suhu udara di kawasan ini bisa mencapai 7 derajat celcius ketika suhu normal di musim kemarau. Adapun pada musim hujan, suhu udara bisa mencapai sekitar 20 derajat celcius.

Pesona

Di kawasan Pusuk Sembalun, pengunjung dapat menikmati panorama keindahan Gunung Rinjani yang begitu mempesona dengan hutannya yang lebat dan nampak masih sangat alami. Selain itu, dari ketinggian Anda juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang begitu curam dan menjulang tinggi.

Belum lagi perbukitan, lembah, peternakan, dan pegunungan. Semua unsur di kawasan ini sangat mendukung untuk menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak bisa dipungkiri, keindahan alam di Taman Wisata Pusuk Sembalun ini memang sangat luar biasa. Anda bisa memanjakan mata Anda dengan seluruh pemandangan yang ada.

Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig burhan_work
Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig burhan_work

Hal yang harus menjadi perhatian Anda ketika berkunjung ke Kawasan ini adalah terdapat banyak monyet liar. Untuk itu harus berhati-hati dan bersiap untuk mengamankan setiap perlengkapan yang Anda bawa dari gangguan monyet liar ini. Akan lebih baik jika Anda juga menyiapkan beberapa makanan untuk bisa diberikan kepada monyet, sehingga barang Anda akan aman dan tidak direbut.

Lokasi

Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata Gg. Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk mempermudahkan dalam perjalanan, Anda bisa mengecek lokasi google mapsnya dengan klik di sini.

Rute

Tentu jika akan membahas terkait rute, akan terdapat banyak rute yang dapat Anda tempuh, bergantung dari titik awal perjalanan Anda. Akan tetapi pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rute yang bermula dari ibu kota Lombok yakni Kota Mataram.

Rute untuk bisa menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini, dari ibu kota Lombok atau Kota Mataram, Anda harus menuju Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu. Jarak yang harus Anda tempuh adalah sekitar 82,30. Maka dari itu, untuk menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun ini melalui Kota Mataram, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit. Untuk rute atau jalur terbaik untuk menuju Taman Wisata ini, Anda bisa memilih Jalan Mataram Raya – Labuan Lombok.

Jam Buka

Untuk mengenai jam operasionalnya, Taman Wisata Pusuk Sembalun ini terbuka 24 jam untuk menerima tamu pengunjung.

Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig zayazook
Taman Wisata Pusuk Sembalun, sumber ig zayazook

Fasilitas

Sebagai destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa, fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah sangat memadai dan dikelola dengan baik. Berikut ini adalah fasilitas yang terdapat di Kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun area parkir yang luas, toilet umum, warung makan dan spot foto yang instagramable.

Hal yang paling populer dari taman wisata ini adalah spot fotonya yang sangat menawan dan mengesankan. Dengan menaiki berbagai bukit yang ada di Pusuk Sembalun, Anda akan mendapatkan sejumlah spot foto dengan background yang sangat mempesona dan instagramable. Selain itu, juga ada sejumlah properti yang disediakan untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Harga Tiket

Untuk bisa berkunjung ke Taman Wisata Pusuk Sembalun ini anda tidak perlu mengeluarkan baiya yang mahal. Anda cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Biaya retribusi ini akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas yang lebih lengkap, perawatan tempat wisata, serta penjagaan kebersihan. Dengan dana yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan taman wisata yang sangat unik ini.

Itu dia beberapa informasi seputar taman wisata Pusuk Sembalun di Lombok. Bicara mengenai taman, untuk Anda yang berada di area Jogja dan sekitarnya yang mengingikan dekorasi taman yang menarik, hubungi jasa taman Jogja. Simak terus aneka ragam informasi di blog suka data.

Published by jasa bangun rumah

Jasa Bangun Rumah hadir untuk membantu Anda mendapatkan rumah yang nyaman, berkualitas tinggi, dan cepat dalam prosesnya. Anda dan keluarga Anda bisa fokus mengisi kebahagiaan di rumah sesegera mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: