Pengobatan Tidak Masuk Akal Yang Membudaya di indonesia

Budaya dan juga kepercayaan masyarakat indonesia pada suatu hal dapat menciptakan sesuatu yang memiliki kaitan dengan budaya atau kepercayaan yang berlaku. Salah satunya adalah dalam hal pengobatan. Pengobatan tradisional tidak hanya semacam tradisi unik yang dipertahankan turun temurun. Namun ada muatan kepercayan yang terkadang bertolak belakang dengan kebiasaan umum. Inilah pengobatan tidak masuk akal di Indonesia.

Selain herbal, cara tradisional juga melahirkan pengobatan unik. Sumber Unsplash

Gondongan diobati dengan kalung mengkudu

Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya, terutama di bagian atas leher dan di bawah pipi, akan terlihat membesar.

Sampai saat ini belum ada obat yang diklaim secara pasti bisa mengobati penyakit gondongan ini. Namun, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya hanya dengan istirahat yang cukup, sebab proses penyembuhan pada penyakit gondongan ini adalah melalui sistem imun yag ada pada tubuh.

Banyak orang tua zaman dulu, punya metode ampuh untuk menyembuhkan penyakit gondongan ini. Selain dengan menggunakan blau, orang tua zaman dulu sering memakaikan kalung mengkudu kepada anak-anak mereka yang terkena gondongan. Padahal mengkudu tidak punya efek sama sekali terhadap penyakit gondongan.

Disinylir menggunakan kalung mengkudu untuk tujuan agar pendeita tidakkeluar rrmah karena malu memakai kalung mengkudu sehingg tetap berada di rumah. Dengan demikian penderita gondongan akan beristirahat dengan cukup sehingga gondongan akan segera pulih dengan lebih cepat.

Belekan diobati dengan air seni

John W. Armstrong dalam buku Air Kehidupan, Penyembuhan Dengan Terapi Urine (1998) menulis sebagai berikut “Keuntungan terapi urine ini adalah kesangat-sederhanaannya, sehingga seseorang dapat memahaminya tanpa perlu dijelaskan. Terapi ini tidak spesifik bagi tiap penyakit, tapi spesifik bagi kesehatan,”.

Berdasarkan pengalaman empiris, urine menunjukkan khasiat menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit sepele macam kurap hingga penyakit serius macam jantung koroner, stroke, dan kanker. Dan hal ini sudah di lakukan para orang tua jaman dahulu untuk mengobati penyakit belekan pada mata.

Dr. Ryoichi Nakao, kepala kesehatan tentara Jepang ketika perang dunia kedua menganjurkan kepada pasukan yang dikirim ke negara jajahan seperti Kamboja, Vietnam, Birma, sampai Indonesia, agar tidak panik bila kehabisan obat. Segala macam penyakit, air kencing bisa dijadikan obat. Kalau luka, kompres dengan air kencing begitu petunjuk dari sang dokter.

Dr. Iwan T. Budiarso, pensiunan ahli peneliti di Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular, Badan Litbangkes, Depkes RI telah lima kali berhasil lolos dari jeratan maut penyakit jantung yang diidapnya. Keberhasilan itulah yang membuatnya sangat giat menularkan pengalamannya itu kepada banyak orang yakni dengan meminum air seninya secara rutin.

Daging tokek untuk penyakit kulit

Tokek yang merupakan binatang yang banyak hidup di dekat rumah ini konon bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal, eksim, korengan dan sebagainya. Pengolahan yang paling sering dilakukan adalah setelah tokek dikuliti, kemudian dibumbui dan digoreng. Selain itu dengan membuat serbuk tokek dengan membakar tokek sampai kering, kemudian menumbuknya sampai halus. Untuk mengkonsumsinya, serbuk diseduh dengan kopi dengan menggunakan air panas.

Keberadaan tokek kini akan semakin hilang dari alam seiring dengan tingginya minat manusia untuk mengonsumsinya sebagai bahan obat-obatan. Tokek rumah ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, dan penyakit kulit, dan bahkan rumor yang beredar dapat mngobati AIDS.

Permintaan terhadap tokek rumah ini memang melesat tajam seiring dengan gosip yang beredar bahwa satwa rumahan ini memiliki khasiat nyata untuk menyembuhkan AIDS. Khasiat yang belum terbukti secara medis ini kemudian dibantah oleh World Health Organization atau WHO.

Asma dengan daging kelelawar

Virus Coron yang merambah dunia diperkirakan dari sup klelawar yang ada di Wuhan, China. Memang hewan malam yang biasa hidup di dalam gua ini ternyata menjadi santapan sup bagi warga di sana. Namun ternyata kelelawar juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya mengobati penyakit asma.

Penelitian terhadap daging kelelawar sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma sudah pernah dilakukan. Para peneliti mengatakan bahwa daging kelelawar mengandung senyawa kitotefin. Senyawa kitotefin ini secara ilmiah memang dapat digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit asma. Senyawa kitotefin ini juga dapat ditemukan pada daging hewan lain, seperti kelinci.

Daging tokek untuk obat. Sumber mongabay

Demikian ulasan mengenai pengobatan tidak masuk akal yang ada di Indonesia. Apakah anda percaya hal demikian? Semua kembli kepada kepercayan masing masing. Sebenarnya untuk memperoleh obat dari alam, anda masih bisa menggunakan obat herbal. Berbagai produk dari jasa makloon herbal tentu bisa mengcover segala penyakit yang sudah ada obatnya di bidang medis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan bisa memutuskan secara bijak, pilihan mana yang akan di jalani. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang berwisata ke Pantai Baron Jogja. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: