Mengenal Beberapa Jenis Sajadah Untuk Ibadah Sholat

Sajadah adalah salah satu perlengkapan yang biasa digunakan ketika melaksanakan ibadah sholat untuk umat muslim. Sajadah ini menjadi pelengkap alat ibadah sholat yang harus digunakan karena dengan penggunaan sajadah nantinya akan dapat membuat khusyu dan memberikan kenyamanan ketika melaksanakan ibadah sholat.

Dalam penggunaan sajadah saat ini memang sudah sangat banyak yang menggunakan mulai dari masjid-masjid, mushola, ataupun hanya untuk individu saja. Dengan berbagai model dan jenis yang ada, seperti sajadah tenun, sajadah batik, sajadah sulam, dan lain sebagainya.

Beberapa Jenis Sajadah yang Biasa Digunakan Untuk Alas Ibadah Sholat

Sajadah biasanya digunakan sebagai alas untuk melaksanakan ibadah sholat, namun penggunaan sajadah untuk sholat juga dapat difungsikan untuk menghindari dari kotoran atau noda yang ada di atas permukaan keramik.

Salah satu jenis sajadah, sumber: review.bukalapak.com
Salah satu jenis sajadah, sumber: review.bukalapak.com

Maka dari itu penggunaan sajadah untuk ibadah sholat sangatlah penting. Dalam pembuatan sajadah memang sudah banyak yang memproduksi dan tentu banyak model dan jenisnya. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis sajadah yang biasanya digunakan untuk melaksanakan ibadah sholat bagi umat muslim, diantaranya:

1. Sajadah Tenun

Sajadah tenun merupakan jenis sajadah tradisional yang memiliki kualitas yang bagus. Untuk proses pembuatan sajadah ini juga umumnya dilakukan dengan mesin tradisional yang mampu menghasilkan keindahan tersendiri dari sajadah tersebut dengan mempresentasikan model budaya lokal. Untuk mempertahankan tampilan yang indah dan ingin lebih bersih pada sajadah tentunya harus teratur dalam Mencuci sajadah tersebut.

2. Sajadah Turki

Sajadah Turki merupakan sajadah yang banyak digemari masyarakat lokal, karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari sajadah turki yaitu bahannya yang lembut dan memiliki warna yang terang sehingga membuat sajadah tersebut cukup ideal ketika digunakan untuk ibadah sholat dan apalagi saat dipakai ketika kondisi seperti malam hari.

3. Sajadah Batik

Sajadah batik adalah sajadah yang terbuat dari bahan katun primis yang biasa digunakan sebagai Bahan Baju dan nanti akan dilapisi dengan blacu agar tampialnnya tampak lebih unik.

Sajadah batik, sumber: sajadahbatikjogja.files.wordpress.com
Sajadah batik, sumber: sajadahbatikjogja.files.wordpress.com

Sajadah batik ini dapat digambarkan dari perpaduan antara warisan budaya lokal dengan fungsi sajadah sebagai perlengkapan ibadah sholat. Untuk pola batik juga sangat beragam dari warna serta motif yang dapat dipilih dan tentu dengan harga yang terjangkau. 

4. Sajadah Busa

Sajadah busa merupakan jenis sajadah yang terbuat dari busa dan membuat tampilan sajadah ini  lebih tebal daripada sajadah jenis lainnya. Dan sajadah ini memiliki tekstur bahan yang lembut. Sajadah ini ketika dipakai akan memberikan kesan kenyamanan dan akan membuat lebih khusyu ketika saat sholat. 

5. Sajadah Sulam

Sajadah sulam adalah jenis sajadah yang memiliki tekstur yang tipis. Dalam proses sulaman pembuatan sajadah ini membuat tampilan warna dan pola sangat mendetail  serta dapat menghasilkan tampilan dengan corak yang cantik. Untuk jenis sajadah ini sangat cocok digunakan ketika acara-acara khusus seperti ketika sholat Idul Fitri dan Idul Adha. 

6. Sajadah Meshcah

Sajadah Meshcah merupakan salah satu jenis sajadah yang memiliki bahan yang tebal dan berat. Dari pembuatannya pun sangat berkualitas dan memiliki bahan yang awet dan tahan lama. Untuk sajadah ini terkenal dengan nuansa arabic dan sering dipakai untuk alas sholat berjamaah di masjid maupun mushola.

7. Sajadah Beludru

Sajadah beludru adalah sajadah yang juga disukai oleh banyak masyarakat, karena sajadah beludru memiliki tekstur bahan yang halus dan lembut dengan permukaan yang rata serta beratnya pun relatif lebih ringan.

Sajadah jenis beludru, sumber: www.99.co
Sajadah jenis beludru, sumber: http://www.99.co

Untuk pembuatan sajadah dengan bahan ini akan menjadi lebih mudah untuk dibawa kemana saja seperti ketika bepergian jauh yang bisa mempermudah saat packing barang bawaan.

8. Sajadah Sandar Duduk

Sajadah sandar duduk adalah jenis sajadah yang memiliki dua fungsi yaitu sebagai alas ketika melaksanakan sholat dan digunakan sebagai sandara. Jadi penggunaan  sajadah ini sangat cocok dipakai ketika sedang melakukan ibadah i’tikaf di masjid saat bulan ramadhan atau mengaji ketika selesai sholat.

9. Sajadah Bulu Rasfur

Sajadah bulu rasfur merupakan jenis sajadah yang sangat digemari banyak orang terutama pada anak-anak kecil atau balita. Bahan dari sajadah ini sangat lembut dan membuat nyaman ketika digunakan untuk alas ibadah sholat ataupun untuk alas saat mengaji. Sajadah bulu rasfur sangat cocok digunakan untuk ibadah keluarga agar anak-anak yang masih balita  juga ikut dan senang untuk diajak beribadah.

10. Sajadah Rumbai

Sajadah jenis rumbai, sumber: jogjasajadah.com
Sajadah jenis rumbai, sumber: jogjasajadah.com

Sajadah rumbai adalah jenis sajadah yang identik dengan pola jahitannya yang indah dan unik. Walaupun bahan ini tipis, namun ketika digunakan akan terasa nyaman. Sajadah rumbai umumnya mempunyai motif yang bermacam-macam dan tentunya memiliki kesan yang mewah pada tampilan sajadah. 

11. Sajadah Lipat Saku

Sajadah lipat saku merupakan jenis sajadah yang sangat praktis. Untuk makna dari praktis disini adalah sajadah tersebut mudah dilipat dan mudah dibawa kemana saja. Karena bahan sajadah ini tipis namun saat digunakan akan terasa nyaman. Biasanya sajadah jenis ini sangat cocok dipakai ketika bepergian jauh atau berwisata jadi mudah dan praktis saat dibawa. 

12. Sajadah Madinah

Sajadah Madinah adalah sajadah spesial dari Madinah Al-Munawarah. Sajadah yang memiliki motif yang indah seperti yang ada di dalam Masjid Nabawi. Untuk motifnya tentu beragam ada warna hijau seperti alas atau karpet yang digunakan di area raudhah, lalu ada warna merah yang ada di Masjid Nabawi. 

Itulah beberapa jenis sajadah yang biasa digunakan sebagai alas ketika melaksanakan ibadah sholat.Terimakasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s