Tips Merawat Dan Menanam Tumbuhan Air

Tumbuhan air adalah tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri untuk hidup di lingkungan perairan, tumbuhan ini sering disebut dengan hidrofit. Tumbuhan air memiliki fungsi sebagai tempat makhluk hidup yang berada di lingkungan perairan serta sebagai sumber makanan bagi ikan dan binatang air lainya.

Berikut Yang Dimaksud Tumbuhan Hias Air

Tanaman hias air merupakan tanaman yang hidup di perairan dengan ciri batangnya berongga dan berdaun lebar. Tanaman hias digunakan untuk mempercantik kolam agar lebih indah beberapa jenis tanaman hias yaitu seperti teratai, kapu-kapu dan sebagainya.

Berikut ini Jenis Tumbuhan Air Yang Banyak Digunakan Untuk Memperindah Kolam

Tumbuhan atau tanaman air adalah tanaman yang tumbuh dan telah beradaptasi dengan air tawar atau asin tanaman ini biasanya mengapung menyesuaikan diri di perairan. Adapun ciri-ciri tanaman air yaitu batangnya berongga berfungsi agar bisa memiliki udara dan bisa mengapung di air memiliki stomata terletak pada permukaan daun. mari kita simak tips untuk merawat tanaman hias yang ada di perairan.

1. Teratai

Teratai berfungsi untuk menjaga tekanan darah, Adapun manfaat bunga teratai yaitu dapat membantu melindungi dari stroke. Juga bisa menurunkan resiko batu ginjal, Kandungan kalium pada bunga ini berfungsi dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang terkena kondisi hipertensi.

Bunga Teratai Sumber; Grid kids-Grid.ID
Bunga Teratai Sumber; Grid kids-Grid.ID

Teratai adalah tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeace. Teratai juga dapat digunakan untuk menyebut tanaman genus Nelumbio. Tanaman ini terdiri dari 50 spesies tersebar di wilayah tropis hingga subtropis, teratai yang tumbuh di tropis biasanya ada di mesir. Ciri-ciri bunga teratai yaitu bagian pangkal sempit, daun bergerigi, tulang daun tersebar dari pusat daun ke arah tepi, mahkota mekar lebar dan warna merah jambu.

2. Enceng Gondok

Tumbuhan enceng gondok dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dan pembersih kotoran, Tanaman ini juga sangat cocok untuk dijadikan kompos berguna untuk menambah unsur hara dan mengatasi masalah kesuburan tanah. Namun tumbuhan enceng gondok juga dapat merusak lingkungan dengan kedangkalan air.

Enceng Gondok Sumber ; maupa.co
Enceng Gondok Sumber ; maupa.co

Enceng gondok yang sudah mati akan menumpuk di permukaan air dan dapat menyebabkan dangkal perairan tersebut. Pertumbuhan tanaman enceng gondok di danau terjadi karena enceng gondok mampu menyerap zat nitrogen dan fosfat yang masuk ke area danau akibat penggunaan pupuk kimia yang dipakai oleh sawah-sawah dan aliran air nya ke danau

3. Apu-Apu

Tumbuhan Apu-apu bisa disebut juga dengan kiambang, kiambang merupakan sejenis tumbuhan air yang sering dijumpai diperairan. Tumbuhan ini mengapung tenang juga sangat populer untuk pelindung akuarium, tumbuhan ini bisa di temui di rawa-rawa, danau yang tenang atau kolam. Tumbuhan apu-apu ini juga memiliki fungsi untuk menyerap logam dan limbah industri

Apu-Apu Sumber ; Catatan Octa
Apu-Apu Sumber ; Catatan Octa

Apu-apu atau kiambang memiliki kandungan yaitu flavanoid, pelivenol dan tanin, Tumbuhan apu-apu bisa berkembang biak dengan cepat tahan banting sehingga tidak mudah mati. Tumbuhan ini juga bisa untuk hiasan vas bunga, akuarium dan kolam, untuk tumbuh berkembang perhatikan juga paparan sinar matahari.

4. Tumbuhan Bakau

Tumbuhan bakau dapat menjadi tempat mahluk hidup yang ada di perairan seperti udang, ikan, kepiting dan binatang laut lainya. Tumbuhan ini juga mampu menyerap logam berat yang berbahaya bagi manusia, Selain itu tumbuhan bakau juga bermanfaat untuk melindungi pantai bila terjadinya erosi yaitu pengikisan air laut.

Tumbuhan Bakau Sumber ; Strategi News
Tumbuhan Bakau Sumber ; Strategi News

Tumbuhan ini biasanya tumbuh di tepi laut sehingga mampu melindungi daratan dari hempasan ombak besar secara langsung. Tumbuhan ini bisa disebut juga dengan mangrove yaitu hutan bakau, hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh diperairan payau. Tumbuhan bakau mempunyai ciri dengan akar yang menyolok berupa akar tunjang besar serta buah yang berkecambah.

5. Seledri Air

Tumbuhan seledri air bermanfaat untuk menetralkan kadar asam pada makanan dan dapat melindungi lapisan lambung. Seledri air mengandung kalium dan zat senyawa yang dapat melenturkan otot-otot pembuluh darah, Juga baik dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah.

Seledri Air Sumber ; Hipwee
Seledri Air Sumber ; Hipwee

Di dalam daun tersebut mengandung paiin dan apoil yang dapat memberi aroma khas, Tetapi senyawa yang dapat menurunkan kolestrol belum bisa terungkap. Apabila daun ini dijadikan obat memerlukan sebatang seledri dengan satu gelas air yang direbus secara mendidih, daun ini juga sudah terbukti dapat mengurangi gejala penyakit maag.

6. Seroja

Seroja merupakan jenis tumbuhan yang asal nya berada di india, Tumbuhan ini sering disebut dengan teratai. Bunga ini sering digunakan untuk menhiasi kolam karena keindahanya, Tumbuhan ini juga bisa untuk dimakan dalam masakan jepang yaitu dengan mengambil biji dan tepung sehingga dapat untuk dijadikan makanan

Seroja Sumber ; The Patriots
Seroja Sumber ; The Patriots

Tumbuhan ini berkembang biak dengan biji yang sudah tua atau rimpang, juga dapat ditanam di pot yang berisi lumpur dan air. Daunya tumbuh ke atas, diameter daun dapat mencapai 50 cm, Permukaan daun tersebut mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tersebut akan jatuh kebawah dengan butiran air.

7. Calla Lily

Tumbuhan calla lily dapat berpotensi sebagai tanaman hias karena tumbuhan ini memiliki daun yang indah dan daya tahan lama. Tumbuhan ini memiliki bunga yang berwarna-warni dan sangat menarik, tumbuhan ini memiliki umbi yang rimpang, umbi ini lah yang siap untuk bisa di perkembang biakan.

Calla Lily Sumber ; Kompas.com
Calla Lily Sumber ; Kompas.com

Di permukaan tumbuhan tersebut terdapat mata tunas, Umbi yang sudah banyak memiliki mata tunas bisa langsung untuk ditanam di tempat yang telah disediakan

Demikian ulasan mengenai merawat dan menanam tanaman yang hidup di air dan permukaan air. Sekian dari saya dan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s