Alat Pembersih Lantai Granit Agar Tetap Mewah dan Eksklusif

Lantai menjadi bagian penting dalam rumah. Tak hanya menentukan penampilan, kenyamanan akan tercipta ketika lantai yang kita pilih berkualitas. Maka untuk mengefektifkan fungsi lantai hunian, dapat dilakukan pemilihan kualitas material yang bagus. Pemilihan material turut mempengaruhi keawetan lantai. Dengan ini, memilih jenis lantai tidak boleh sembarangan.

Salah satu material lantai yang berkualitas baik ialah granit. Unsur estetika dan kekuatan material granit tidak diragukan lagi. Penggunaan lantai granit dapat memancarkan kesan mewah dan eksklusif. Apalagi ditambah adanya keindahan corak warna dan motif di dalamnya. Siapa yang tidak terkesan memiliki hunian seperti ini.

Mengenal Lantai Granit

Mengenal Lantai Garnit. Sumber: Ruangarsitek.id
Mengenal Lantai Garnit. Sumber: Ruangarsitek.id

Melansir dari berbagai sumber, lantai granit memiliki sejumlah kelebihan maupun kekurangan. Kelebihan dari lantai granit karena ketahanan yang dimilikinya. Lantai jenis ini tidak mudah lecet apabila tergores furniture maupun benda tajam. Dengan menggunakan lantai granit, tampilan rumah akan terlihat mewah, elegan, dan suasana yang sejuk. Suasana yang nyaman dalam rumah ternyata juga bagus untuk kesehatan. Salah satunya mempengaruhi kualitas tidur.

Granit merupakan jenis batuan beku dengan sifat asam. Batu ini memiliki kilauan yang alami. Batu granit warna aslinya abu-abu, putih atau kombinasi keduanya. Beberapa batu granit ada yang berwarna jingga atau merah muda. Lantai granit sangat cocok digunakan untuk ruang tamu, kamar tidur maupun dapur. Tekstur lantai yang belum dipoles memiliki tekstur berserat juga menjadikan lantai ini aman digunakan sebagai lantai teras, kamar mandi, garasi, maupun dapur. Karena lantai granit menciptakan permukaan yang sulit ditembus cairan. Namun ketika sudah dipoles, lantai granit bisa sangat licin.

Meski banyak sekali kelebihan lantai granit, namun kita juga perlu tahu bahwa lantai tidak sepenuhnya memiliki kelebihan yang sempurna. Ada beberapa kekurangan meskipun hal tersebut tidak terlalu berdampak buruk dari segi kualitas lantai. Yang pertama yang perlu diketahui, lantai granit cenderung lebih berat dibandingkan jenis lantai bebatuan lainnya. Hal ini terkadang menyulitkan proses pemasangan dan harus dilakukan oleh tenaga profesional. Pemasangan yang sedikit sulit dan lumayan rumit tentu memakan waktu dan lumayan mahal. Harga lantai granit jauh lebih mahal dibanding dengan lantai jenis lain, karena material yang digunakan 100% dari alam.

Selanjutnya, lantai granit yang sudah dipoles akan sangat licin sehingga perlu berhati-hati ketika ada anak kecil maupun orang tua karena dikhawatirkan dapat terpeleset. Selain itu lantai bisa menjadi sangat dingin ketika musim hujan.

Meskipun begitu, agar tetap menjaga keindahan rumah salah satunya dengan menjaga lapisan permukaan lantai granit. Rutin membersihkan lantai granit juga akan menjaga keindahannya. Seperti melakukan pembersihan setiap hari, penggelapan setiap minggu dan memilih alat pembersih khusus untuk granit. Berikut peralatan untuk merawat lantai granit yang bisa Anda lakukan.

Rekomendasi Alat Pembersih lantai Granit

Permukaan lantai granit perlu dibersihkan untuk menjaga keindahannya. Meskipun terkenal dengan perawatan yang mudah, namun tetap perlu berhati-hati dalam perawatannya. Berikut yang perlu dilakukan untuk memilih alat pembersih lantai granit yang bagus dan cocok

1. Menggunakan Cairan Pel Lantai

Cairan Pel Lantai Granit. Sumber: Shopee.co.id
Cairan Pel Lantai Granit. Sumber: Shopee.co.id

Dikutip dari Kompas.com, jangan menggunakan bahan kimia yang terlalu keras. Hal tersebut dapat merusak lapisan atau coating lantai granit. Sebaiknya cukup bersihkan menggunakan cairan pel yang dicampur air. Cara menggunakannya dengan mencampurkan sedikit pembersih lantai ke dalam seember air hangat.

Pilih produk dengan pH netral, dengan label yang mencantumkan material marmer/granit. Cairan dengan tingkat keasaman tinggi seperti cuka atau pembersih dengan pH tinggi dapat menimbulkan goresan atau noda permanen. Apalagi jika produk hanya menyebutkan pembersih lantai khusus keramik, tetapi tidak mencantumkan marmer atau granit. Anda perlu waspada karena dapat memudarkan warna granit seiring waktu.

Karena granit memiliki karakteristik yang rentan terhadap cairan, maka Anda perlu selalu hati-hati dalam memilih produk pembersih. Untuk membantu merawat dan membersihkan lantai granit yang kotor, Anda dapat memilih pembersih lantai granit yang sesuai. Beberapa merek pembersih lantai aman untuk lantai granit diantaranya Mr. Muscle Marmer dan Granit, Johnson Marble Klin dan Fason Granit.

2. Menggunakan Alat Pel Lantai Granit

Alat Pel Lantai Granit. Sumber: Courtina.id
Alat Pel Lantai Granit. Sumber: Courtina.id

Terdapat berbagai macam alat pel untuk lantai granit. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama, pilihlah kain pel yang dapat diganti. Anda dapat mengganti kain pel jika sudah tidak layak digunakan. Usahakan juga memilih alat pel yang dapat dicuci. Sebab Anda bisa menggunakannya berulang kali. Dengan begitu dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

Gunakan kain pel yang lembut disertai gerakan memutar. Hilangkan sabun dengan cara menggosok ulang lantai menggunakan air. Gunakan kain pembersih yang memiliki serat mikro untuk mengeringkan permukaan lantai granit. Tips jika ingin membersihkan noda, gunakan kain berserat mikro yang dibasahi air dingin.

Memilih alat pel dengan kepala menonjol juga sangat direkomendasikan. Tonjolan di gagang kepalanya dapat membantu membersihkan lantai granit yang bernoda kusam. Sehingga Anda tidak perlu repot mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan lantai.

Selanjutnya yang tidak dapat diabaikan, pemilihan gagang pel yang nyaman. Ada dua jenis gagang pel yakni gagang teleskopik dan gagang sambung. Gagang teleskopik mudah disesuaikan dengan panjang yang dibutuhkan. Akan tetapi rawan mengalami kelonggaran jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Itulah pembahasan seputar alat pembersih lantai granit semoga dapat membantu Anda untuk memilih alat yang sesuai untuk merawatnya. Jangan lupa berbagi informasi agar dapat membantu banyak orang di sekitar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s